Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM Tawarkan 300 Inovasi Hasil Riset

Kompas.com - 07/12/2012, 02:27 WIB

Jakarta, Kompas - Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, menawarkan kepada industri dan badan usaha milik negara 300 inovasi hasil riset mereka. Inovasi itu merupakan hasil riset yang dimulai sejak 2009.

”Riset dan inovasi didasarkan pada kebutuhan nasional,” kata Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada (UGM) Suratman, Kamis (6/12), pada Forum Riset Industri Indonesia ke-4 di Jakarta.

Suratman mengambil contoh Indonesia sampai saat ini masih mengimpor garam. UGM pun mengembangkan prioritas riset produksi garam rakyat menjadi garam industri disertai teknologi energi seperti pembangkit listrik tenaga angin di pantai.

”Implementasi hasil riset produksi garam ditujukan untuk membangun desa mandiri garam di wilayah pantai utara Jawa Timur,” kata Suratman.

Menurut Suratman, implementasi hasil riset juga mengoptimalkan manfaatnya bagi masyarakat. Dukungan membentuk desa mandiri garam juga ditunjang kegiatan mahasiswa dalam kuliah kerja nyata (KKN).

Ketua Panitia Forum Riset Industri Indonesia Ke-4 Yusril Yusuf mengatakan, inovasi hasil riset yang ditawarkan UGM kepada dunia industri memiliki keunikan. Seperti hasil penelitian buah melon, Yusril menyebutkan, UGM menghasilkan buah melon untuk pengharum ruang.

”Melon pengharum ruang bisa dimanfaatkan di dalam mobil selama sebulan,” kata Yusril.

Prioritas bidang riset UGM meliputi kesehatan dan obat, ketahanan pangan, sumber energi baru dan terbarukan, teknologi transportasi, teknologi informasi dan komunikasi, serta teknologi pertahanan. (NAW)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com