Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/12/2012, 12:34 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk meningkatkan semangat wirausaha dalam dunia pendidikan, Sampoerna School of Education bekerjasama dengan Mien R. Uno Foundation dan World Bank menyelenggarakan National Educators Conference 2012. Konferensi pendidikan ini akan berlangsung selama dua hari pada tanggal 11-12 Desember di Mulia Business Park.

Dekan Sampoerna School of Education, Paulina Pannen, mengatakan bahwa pendidikan kewirausahaan ini sangat penting. Pasalnya, nilai-nilai yang terkandung dalam semangat wirausaha ini merupakan bagian dari pembangunan karakter pendidikan yang harus terus dikembangkan.

"Materi kewirausahaan ini sangat penting untuk ditanamkan dalam pendidikan di Indonesia," kata Paulina, saat membuka National Educators Conference 2012 di Gedung D Mulia Business Park, Jakarta, Selasa (11/12/2012).

Ia menambahkan bahwa pendidikan wirausaha ini sebenarnya sudah mulai muncul dalam struktur pendidikan Indonesia sejak tahun 1990-an. Namun sayangnya, pendidikan wirausaha ini hanya berhenti dalam pembuatan modul pembelajaran dan pengembangan usaha. Sementara yang menjadi inti dari jiwa wirausaha seperti membentuk manusia kreatif dan inovatif justru tidak tersentuh.

"Ini yang membuat semangat wirausaha terus menurun. Jumlah wirausaha di Indonesia juga tidak meningkat," ujar Paulina.

Melihat hal ini, tercetuslah untuk menggelar konferensi bagi para pendidik di Indonesia yang bertajuk Membangun Semangat Kewirausahaan di Indonesia. Dalam acara ini, para pembicara baik dari nasional dan internasional akan memberikan panduan dan pemahaman lebih mendalam terkait pentingnya membangun wirausaha sejak dini.

Beberapa nama pembicara yang akan hadir dalam seminar dan workshop selama dua hari ini adalah Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kemdikbud Hamid Muhammad, pendiri Sekolah Alam Lendo Novo, pendiri Indonesia Heritage Foundation Ratna Megawangi, perwakilan dari UNESCO Bangkok Lay Cheng Tan dan masih banyak lagi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com