Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unej: Sekolah Berperan Aktif Dalam SNMPTN 2013

Kompas.com - 18/12/2012, 17:35 WIB

JEMBER, KOMPAS.com - Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember (Unej) Rokhani mengatakan pihak sekolah harus berperan aktif dalam tahapan pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013.

"Pelaksanaan SNMPTN 2013 menuntut pihak sekolah untuk lebih aktif mengambil peran serta dalam proses memasukkan data ke Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan mendaftarkan siswanya ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dituju," tuturnya di Kabupten Jember, Jawa Timur, Selasa (18/12/2012).

Tahapan pendaftaran SNMPTN 2013 sudah dimulai sejak Senin (17/12/2012), yakni pihak sekolah melaksanakan tahapan memasukkan nilai beserta data diri para siswanya yang duduk di kelas XII ke PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id hingga 8 Februari 2013.

"Pelaksanaan SNMPTN 2013 memiliki perbedaan mendasar dengan SNMPTN 2012 karena pada SNMPTN 2013 mewajibkan pihak sekolah meng-’entry’ data dengan menggunakan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) sebagai username dan password," tuturnya.

Menurut dia, pengisian data nilai dan data diri siswa yang duduk di kelas XII yang menjadi pembeda antara SNMPTN 2012 dengan SNMPTN 2013 karena kini ada kewajiban bagi sekolah untuk memasukkan semua data siswa kelas XII, meskipun nantinya tidak semua siswa meneruskan studi ke PTN.

"SNMPTN 2013 dikhususkan bagi siswa lulusan 2013 dan mereka yang mendaftar tidak dipungut biaya alias gratis dengan menggunakan nilai rapor selama sekolah dan hasil ujian nasional, sehingga tidak ada ujian tulis bagi peserta SNMPTN," paparnya.

Untuk itu, lanjut dia, Unej akan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama di empat kabupaten Keresidenan Besuki yakni Kabupaten Jember, Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi SNMPTN 2013.

"Dengan sosialisasi dan pemahaman kepada para kepala sekolah SMA, SMK, dan MA maka diharapkan mereka benar-benar memahami tentang prosedur SNMPTN 2013," katanya.

Ia menjelaskan siswa lulusan tahun 2013 yang gagal di SNMPTN dan siswa lulusan tahun 2012 serta tahun 2011 masih memiliki kesempatan masuk ke PTN dengan mengikuti tes tulis melalui jalur Seleksi Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri yang diadakan oleh tiap-tiap PTN.

"Penerimaan mahasiswa baru di PTN tetap melalui tiga jalur yakni SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi jalur mandiri dengan kuota 50 persen SNMPTN, 30 persen SBMPTN, dan sisanya kuota seleksi mandiri," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com