Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harusnya Kurikulum Tak Memberatkan Masyarakat

Kompas.com - 20/12/2012, 17:00 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pihak masih terus mempertanyakan tujuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merombak Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang baru berjalan sekitar enam tahun. Jika tujuannya memang untuk meningkatkan kualitas anak bangsa, maka pemerintah tidak perlu buru-buru.

Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDI-P, Dedy Gumilar, mengatakan bahwa perubahan kurikulum ini harusnya tidak memberatkan dan meresahkan masyarakat. Dengan langkah pemerintah yang tergesa-gesa ini, masyarakat justru menjadi resah terkait implementasi di lapangan nanti.

"Selama ini kurikulum berubah hanya menyuburkan pihak lain saja bukan masyarakat secara umum. Sebaiknya kurikulum itu tidak memberatkan masyarakat. Perubahan kurikulum ini sudah meresahkan masyarakat karena strategi implementasi yang belum jelas," kata Dedy saat dihubungi, Kamis (20/12/2012).

Ia juga mengatakan keresahan masyarakat ini muncul karena tiap perubahan kurikulum hanya akan menyuburkan pihak lain dan masyarakat luas yang terkena imbasnya. Pihak lain yang dimaksud di sini adalah para penerbit yang memanfaatkan momen ini untuk membuat buku dengan aneka macam substansi dan diberi label kurikulum baru.

Meski pemerintah telah menyatakan hanya ada satu substansi untuk buku ajar kurikulum baru, hal ini tidak bisa begitu saja menjadi jaminan. Selama tidak ada sanksi terhadap penerbit nakal, maka praktik penggandaan buku dengan aneka macam substansi ini mungkin terulang pada kurikulum mendatang.

"Tidak perlu seburu-buru ini. Belum tentu dengan mengganti kurikulum kualitas pendidikan akan baik," tambahnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com