Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unand Siap Bantu Calon Mahasiswa Miskin

Kompas.com - 21/12/2012, 14:31 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Rektorat Universitas Andalas (Unand) Padang siap membantu calon mahasiswa baru yang diterima namun miskin agar tetap dapat mengenyam pendidikan di perguruan tinggi itu.

"Calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus namun memiliki kendala ekonomi tidak perlu khawatir, universitas akan mencarikan jalan keluar agar tetap dapat mengikuti perkuliahan dengan memberikan beasiswa," kata Wakil Rektor I Unand Febrin Anas Ismail di Padang, Jumat (21/12/2012).

Apalagi pada 2013 pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 gratis karena seluruh biaya telah ditanggung oleh pemerintah.

Kebijakan ini digulirkan pemerintah untuk memperluas akses pendidikan di perguruan tinggi bagi seluruh pelajar termasuk yang tidak mampu secara ekonomi.

Bahkan bagi pelajar yang kurang mampu namun berprestasi selain gratis mengikuti SNMPTN juga berpeluang menerima beasiswa Bidik Misi selama delapan semester.

"Tidak ada lagi pelajar yang memiliki potensi, namun karena kendala biaya akhirnya membunuh cita-citanya untuk kuliah di perguruan tinggi," katanya.

Dikatakannya, jika siswa tidak mampu tersebut dinyatakan lulus SNMPTN, mereka tidak perlu khawatir karena akan dicarikan solusi agar calon mahasiswa tersebut dapat mengikuti perkuliahan dengan syarat yang bersangkutan segera melapor kepada pihak Unand.

Ia mengatakan, untuk membantu calon mahasiswa berprestasi yang tidak mampu secara ekonomi, Unand mendapatkan alokasi beasiswa Bidik Misi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk 800 orang.

"Program Bidik Misi diperuntukkan bagi mahasiswa yang potensial secara akademik untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi namun tidak mampu secara ekonomi," katanya.

Beasiswa yang diberikan berupa biaya hidup dan biaya pendidikan selama delapan semester untuk S1 dan enam semester untuk D3. Untuk biaya hidup setiap bulan penerima akan memperoleh uang saku sebesar Rp 600 ribu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com