Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merayakan Natal sambil Berbagi

Kompas.com - 26/12/2012, 17:02 WIB

KOMPAS.com - Lampu warna-warni, hiasan natal dan Santa Klaus sudah bisa kita temui di pusat-pusat perbelanjaan. Lagu-lagu natal pun mulai diperdengarkan di mana-mana. Di rumahmu dan rumah teman-teman apakah sudah ada pohon natal? Yuk kita siap-siap menyambut hari Natal.

Suasana gembira menyambut hari Natal mulai terasa. Kita yang merayakan Natal siap dengan berbagai acara, seperti tukar menukar kado dan berbagai kegiatan yang menggembirakan bersama keluarga dan sahabat. Bahkan tidak sedikit di antara kita yang sudah merencanakan libur panjang sampai akhir tahun.

Bagi teman-teman yang tidak punya rencana, jangan kecil hati. Banyak kegiatan bermanfaat yang sejalan dengan semangat Natal.

Kebahagiaan datangnya perayaan Natal bisa diisi dengan kegiatan yang sejalan dengan semangat Natal. Semangat Natal adalah semangat berbagi dan memberi.    

Kita bisa berbagi dalam bentuk apa saja, berbagi kebahagiaan, perhatian, dan ilmu. Berbagi itu bisa untuk siapa saja, seperti teman sekolah, teman di rumah, atau teman-teman di panti asuhan.

Coba perhatikan keberadaan teman-temanmu, teman sekelas, teman satu sekolah, dan teman bermain di rumah.

Apakah ada di antara mereka yang selalu kesulitan membayar uang sekolah, atau tidak punya uang untuk membeli buku sekolah karena orangtuanya tidak mampu?

Natal adalah saat yang tepat bila kita ingin berbagi kebahagiaan dan membuat orang lain tersenyum.

Berbagi Ilmu Pengetahuan

Berbagi ilmu pengetahuan dilakukan dengan cara menyumbangkan buku bacaan bagi teman-teman yang kurang beruntung atau ke perpustakaan.

Apakah di rumahmu banyak buku bacaan dan buku pelajaran yang sudah selesai kamu baca dan tidak terpakai lagi? Bila ya, cobalah sumbangkan buku-buku itu buat teman-teman yang tidak bisa membeli buku.

Sama seperti berbagi kebahagiaan yang lain, berbagi ilmu pengetahuan juga bisa dilakukan dengan mengumpulkan uang atau menukar barang-barang bekas yang kamu kumpulkan lewat bakti sosial. Uang hasil bakti sosial bisa dibelikan buku pelajaran atau buku bacaan.

Mengunjungi Panti Asuhan

Merayakan Natal bersama teman-teman yang kurang beruntung, juga satu cara berbagi kebahagiaan. Ajak teman-teman membagikan kado natal yang mereka terima kepada teman-teman penghuni panti asuhan.

Kita pun bisa memberi hadiah bagi teman-teman di panti asuhan dengan mengumpulkan barang bekas, seperti buku-buku serta baju-baju. Jangan lupa kalau menyumbang baju, berikan baju yang masih bagus dan layak pakai, bukan baju yang sudah robek dan usang. Selain sumbangan dari teman-teman sekelas, bisa juga kelompokmu ini mengumpulkan bantuan dari rumah ke rumah.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com