Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik, Jumlah Bioskop Keliling Ditambah!

Kompas.com - 28/12/2012, 16:02 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com Selama ini, hanya masyarakat kota besar saja yang dapat menikmati film-film menarik di dalam gedung besar bernama bioskop. Jumlahnya tentu tidak banyak sehingga dipastikan sebagian besar masyarakat sulit untuk menikmati film berkualitas di bioskop.

Untuk memudahkan akses di berbagai kota yang tidak memiliki bioskop, Direktorat Jenderal Kebudayaan kembali menambah mobile sinema atau bioskop keliling. Fasilitas film keliling yang dimulai pada tahun ini bertujuan untuk membangun karakter di daerah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan bahwa bioskop dengan film berkualitas ini dapat menjadi media efektif untuk memberikan edukasi dan inspirasi tentang berbagai perkembangan di lingkungan sekitarnya. Untuk itu, sudah semestinya semua daerah dapat menikmati fasilitas ini.

"Pembangunan karakter bangsa ini kan menjadi prioritas yang mendesak. Salah satunya bisa melalui film. Untuk itu harus didorong dengan program yang sesuai," kata Nuh di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, Jumat (28/12/2012).

Adanya bioskop keliling ini pun dapat mendongkrak potensi pasar yang belum termanfaatkan dengan baik. Seperti diketahui, Ditjen Kebudayaan telah menyediakan 20 mobil sinema atau bioskop keliling yang dioperasikan di wilayah yang tidak memiliki fasilitas bioskop.

Untuk terus mendorong tumbuhnya pasar penonton film nasional, maka upaya pemasaran dan promosi ke masyarakat harus semakin gencar. Kementerian menambah jumlah bioskop keliling sebanyak 40 buah pada 2013 mendatang dengan tujuan masyarakat di daerah dapat dengan mudah menikmati film nasional berkualitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com