Sabtu, 25 Oktober 2014

News / Edukasi

UAD Kerjasama Dengan Universitas Tiga Negara

Selasa, 1 Januari 2013 | 10:39 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta pada 2013 akan menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi di Australia, Korea Selatan, dan Jepang.

"Pada 2013 akan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dengan empat universitas di negara-negara tersebut," kata Rektor UAD Kasiyarno di Yogyakarta, Selasa (1/1/2013).

Menurut dia empat perguruan tinggi itu adalah University of Wollongong dan La Trobe University, Australia, Jungwon University, Korea Selatan, dan Shinjuku Japanese Language Institute, Jepang.

"Kerja sama dengan perguruan tinggi asing itu akan memfokuskan pada pertukaran mahasiswa dan dosen, penerbitan karya ilmiah, seminar dan lokakarya bersama, penelitian, dan realisasi studi lanjut S3 dosen UAD di luar negeri," katanya.

Ia mengatakan saat ini tercatat 77 mahasiswa asing yang berasal dari berbagai negara menempuh pendidikan di UAD. Sebanyak 60 persen dari jumlah mahasiswa tersebut berasal dari China.

"Mahasiswa China tersebut menempuh pendidikan di Progam Studi Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Sastra Indonesia," katanya.

Menurut dia sebanyak 21 mahasiswa atau 27 persen dari jumlah mahasiswa asing yang kuliah di UAD itu merupakan realisasi kerja sama tiga negara, yakni Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

"Sekitar 11 persen atau delapan mahasiswa asing yang menempuh pendidikan di UAD itu berasal dari India, Mesir, Timor Leste, Belanda, Belgia, Inggris, dan Spanyol," katanya.

Ia mengatakan mahasiswa asing sebanyak itu menggenapi keseluruhan mahasiswa baru UAD pada 2012 yang mencapai hampir 4.000 mahasiswa. "Jumlah itu mengalami kenaikan hampir 20 persen dibandingkan dengan 2011," kata Kasiyarno.


Editor : Benny N Joewono
Sumber: