Rabu, 30 Juli 2014

News / Edukasi

Unsoed Sediakan Kuota 50 Persen Untuk SNMPTN 2013

Senin, 14 Januari 2013 | 00:29 WIB

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, menyediakan kuota 50 persen untuk penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013.

"Kami juga melaksanakan kebijakan yang sudah ditetapkan Mendikbud (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan), yakni kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN diserahkan pada masing-masing PTN (perguruan tinggi negeri). Oleh karena itu, pimpinan Unsoed telah memutuskan mengambil batas minimal kuota SNMPTN, yakni sebesar 50 persen dari daya tampung mahasiswa baru," kata Kepala Humas Unsoed Purwokerto, Endang Istanti, di Purwokerto, Minggu (13/1/2013).

Selebihnya yang 50 persen, kata dia, akan dialokasikan untuk penerimaan mahasiswa baru melalui jalur undangan, ujian mandiri, dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Nusantara.

Dia mengaku tidak mengetahui secara pasti kuota SNMPTN yang diambil PTN lain, namun berdasarkan informasi ada yang 90 persen, 60 persen, atau 55 persen.

"Kami belum mengetahui berapa kapasitas daya tampung mahasiswa baru yang akan direkrut pada 2013 ini karena pimpinan belum memutuskannya. Namun kemungkinan tidak jauh berbeda dengan 2012 kemarin," katanya.

Menurut dia, Unsoed pada 2012 menerima 4.895 mahasiwa baru untuk program S1 dan D3, sehingga kemungkinan pada 2013 akan mengalokasikan sekitar 2.400-2.500 kursi untuk jalur SNMPTN.

Lebih lanjut mengenai SNMPTN 2013, Endang mengatakan, sistem yang diterapkan tidak lagi menggunakan ujian tertulis, melainkan melalui seleksi terhadap nilai rapor kelas X hingga kelas XII serta nilai ujian nasional.

"Calon mahasiswa yang akan mengikuti SNMPTN harus melalui dua tahapan, yakni melakukan verifikasi nilai rapornya pada laman http://www.snmptn.ac.id dan melakukan pendaftaran SNMPTN," katanya.

Menurut dia, verifikasi ini harus dilakukan karena yang berwenang mengisi data nilai di laman SNMPTN adalah kepala sekolah calon mahasiswa tersebut.

Ia mengatakan, masa pendaftaran SNMPTN 2013 dilaksanakan pada 1 Februari hingga 8 Maret dan selanjutnya dilakukan verifikasi nilai rapor dan nilai ujian nasional pada 9 Maret hingga 27 Mei 2013.

"Pengumuman hasil seleksi SNMPTN dilaksanakan pada 28 Mei 2013. Melalui sistem ini, seluruh calon mahasiswa tidak dipungut biaya apa pun," katanya.


Editor : Benny N Joewono
Sumber: