Minggu, 20 April 2014

News / Edukasi

Pendidikan Tinggi Vokasi Terus Ditambah

Senin, 14 Januari 2013 | 20:27 WIB

Baca juga

SEMARANG, KOMPAS.com -- Pemerintah berupaya meningkatkan pendidikan vokasi di jenjang perguran tinggi dengan memperbanyak politeknik dan akademi komunitas. Pemerintah daerah diminta untuk ikut serta memperbanyak pendidikan tinggi vokasi.

"Pendirian pendidikan tinggi memang tanggung jawab pemerintah pusat. Tetapi kami mendorong supaya pemerintah daerah juga ikut ambil bagian mengembangkan pendidikan tinggi, terutama yang vokasi. Kalau memang pemerintah daerah serius, syarat utamanya sediakan dulu lahan yang siap untuk dikembangkan menjadi kampus," kata Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, usai meresmikan Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) di Semarang, Jawa Tengah, Senin (14/1/2013).

Hadir dalam acara itu antara lain Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo dan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Djoko Santoso.

Nuh mengatakan, di Jawa Tengah baru ada dua politeknik milik pemerintah. Adapun Jawa Timur sudah punya enam politeknik. "Jika pemerintah daerah melihat kebutuhan untuk mendirikan politeknik untuk mendukung pembangunan wilayah, bisa diajukan," kata Nuh.

Menurut Nuh, pengembangan pendidikan vokasi di daerah bisa cepat memajukan daerah. Diharapkan pendidikan tinggi vokasi bisa tersebar di beberapa kota/kabupaten sesuai potensi daerah yang bersangkutan.

Djoko Santoso mengatakan, Polimarin baru menerima mahasiswa jenjang diploma tiga untuk angkatan pertama. Pengembangan menjadi politeknik karena salah satu unit pelaksana teknis di bawah Ditjen Pendidikan Tinggi ini berpeluang untuk mendukung kemajuan pendidikan tinggi vokasi di bidang kelautan.

"Sebelumnya, sebagai UPT, Polimarin sudah handal sebagai tempat pelatihan kelautan. Dengan adanya program pemerintah untuk mengembangkan pendidikan vokasi, kenapa tidak UPT ini dijadikan politkenik maritim," ujar Djoko.

Pada angkatan pertama yang dimulai September 2012, Polimarin menerima 105 taruna/mahasiswa. Ada tiga program yang dibuka yakni nautika, teknika, dan ketatalaksanaan pelayaran niaga dan kepelabuhanan.


Penulis: Ester Lince Napitupulu
Editor : Nasru Alam Aziz