Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peleburan IPA-IPS untuk SD Didebat DPR

Kompas.com - 16/01/2013, 10:04 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Perubahan kurikulum yang mulai akan diberlakukan pada Juli mendatang ternyata dianggap oleh anggota legislatif tidak memiliki landasan yuridis yang kuat. Hal ini termasuk pada penghilangan mata pelajaran IPA dan IPS untuk jenjang sekolah dasar (SD) yang dinilai tidak sesuai dengan UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 37.

Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Golkar, Ferdiansyah, mengatakan dalam pasal tersebut tertuang bahwa dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah harus memuat pelajaran IPA dan IPS. Untuk itu, ia meminta agar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menelaah lebih lanjut masalah ini.

"Itu jelas ada undang-undangnya. Kalau kita ditanya ada matpel (mata pelajaran) yang hilang bagaimana? Dalam undang-undang itu padahal sudah jelas sebutkan semua mata pelajaran," kata Ferdiansyah saat rapat dengar pendapat di ruang rapat Komisi X, DPR RI, Jakarta, Selasa (15/1/2013).

"Ini pemahamannya bagaimana kalau terjadi pengutangan yang tidak sesuai dengan Pasal 37. Harus ada penjelasan dan tetap pada dasar hukum sebaiknya," ujar Ferdiansyah.

Menanggap hal ini, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim mengatakan bahwa tidak ada perundang-undangan yang dilanggar dalam perubahan kurikulum ini. Bahkan, dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014, kurikulum ini harus dikembangkan.

"Tidak ada yang dilanggar. Dalam Pasal 37, Undang-Undang Sisdiknas memang disebutkan kurikulum harus memuat Bahasa Indonesia, PPKn, IPA, dan IPS, tapi tidak serta-merta dalam bentuk mata pelajaran," ujar Musliar.

"Jadi, walaupun tidak disebut sebagai mata pelajaran, IPA dan IPS tetap dimuat kontennya dalam tematik integratif untuk SD," imbuhnya.

Seperti diketahui, pada Pasal 37 Ayat 1 UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional berbunyi kurikulum pendidikan dasar dan menengah wajib memuat pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan, bahasa, matematika, IPA, IPS, seni dan budaya, pendidikan jasmani dan olahraga, keterampilan/kejuruan, dan muatan lokal.


Berita terkait, baca :  KURIKULUM 2013

Tak mau ketinggalan informasi seputar pendidikan dan beasiswa? Yuk follow Twitter @KompasEdu!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com