Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana dengan Kurikulum Baru untuk SLB?

Kompas.com - 16/01/2013, 16:19 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai kontroversi terkait dengan kurikulum baru yang akan diterapkan pada Juli mendatang dinilai melewatkan satu hal. Selama ini, menurut anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) belum menyinggung rumusan kurikulum untuk setiap jenjang sekolah luar biasa (SLB).

Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Golkar, Ferdiansyah, mengatakan bahwaKemdikbud) tidak menjelaskan struktur kurikulum yang ditujukan untuk sekolah luar biasa dalam dokumen resmi yang baru disampaikan ke Panja Kurikulum pada Rabu (16/1/2013) ini.

"Ini tidak pernah disebut untuk SDLB, SMPLB dan SMALB. Tolong bisa dijelaskan ini pemerintah," kata Ferdiansyah saat Rapat Dengar Pendapat di Ruang Rapat Komisi X, DPR RI, Jakarta, Rabu (16/1/2013).

Seperti diketahui, perubahan kurikulum pada tahun 2013 ini cukup besar khususnya untuk jenjang SD. Metode tematik integratif menjadi pilihan dari pihak kementerian dalam implementasi kurikulum untuk jenjang SD. Penilaiannya pun dititikberatkan pada kemampuan bertanya dan observasi.

"Ini sudah dipertimbangkan belum kalau untuk SDLB, SMPLB dan SMALB. Karena tidak disebut di sini (dokumen resmi)," ujar Ferdiansyah.

Untuk itu, ia meminta agar pemerintah memikirkan kembali pelaksanaan kurikulum ini mengingat masih terdapat beberapa hal yang tidak tersentuh dan disebutkan dalam dokumen resmi kurikulum yang diserahkan pada anggota Panja Kurikulum.


Berita terkait, baca :  KURIKULUM 2013

Tak mau ketinggalan informasi seputar pendidikan dan beasiswa? Yuk follow Twitter @KompasEdu!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com