Jumat, 1 Agustus 2014

News / Edukasi

Sekolah Eks RSBI Buka Pendaftaran Siswa Baru

Selasa, 22 Januari 2013 | 19:11 WIB

PALU, KOMPAS.com - Sejumlah sekolah berstatus eks rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) tingkat SMP dan SMA di Palu, Sulawesi Tengah, sudah membuka pendaftaran siswa baru tahun ajaran 2013/2014.

Pantauan Antara di beberapa sekolah eks RSBI di kota itu, Selasa melaporkan, loket-loket pendaftaran siswa baru cukup ramai dikunjungi peminat. Di SMPN 2 Palu, salah satu dari sejumlah sekolah eks RSBI yang terletak di kawasan Jalan Monginsidi, para calon siswa baru tidak datang sendirian, tetapi juga ditemani orantua.

"Saya terpaksa meninggalkan sementara urusan rumah tangga karena harus menemani anak saya untuk mendaftar di sekolah ini," ujar Ny Fatimah, Selasa (22/1/2013).

Ia mengatakan, untuk pendaftaran sama sekali tidak dipungut biaya sepersenpun.Hal senada juga disampaikan Ny Rusman (45) mengaku, memilih mendaftarkan anaknya ke sekolah tersebut karena selain dekat dengan tempat tinggal juga anak pertamanya tamat dari sekolah bersangkutan.

Kepala SMPN 2 Palu, Tjipto Lahanto mengatakan, pendaftaran siswa baru sudah dilakukan sejak 8 Januari 2012. Jumlah calon siswa baru yang sudah menyelesaikan pendaftaran sekitar 400 orang. "Tidak ada biaya sepersenpun yang dipungut oleh panitia," katanya.

Pelaksanaan tes akan berlangsung pada 27 Januari 2013. Tjipto yang juga Ketua Musyawarah Kepala-Kepala Sekolah (MKKS) se-Kota Palu mengatakan, semua sekolah eks RSBI sudah membuka pendaftaran siswa baru tahun ajaran 2013/2014.

Alasan dibukanya penerimaan siswa baru karena sebelum keputusan MK setiap tahun waktu pendaftaran dan penerimaan siswa baru dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah ditetapkan.

Dan pada 8 Januari 2012 ada rapat kepala-kepala sekolah eks RSBI dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Sulteng yang antara lain memutuskan, sekolah eks RSBI sudah bisa membuka pendaftaran siswa baru.

Khusus SMPN 2 Palu pada tahun ajaran ini akan menerima siswa baru sebanyak 250 orang dengan 19 kelas dan setiap kelas maksimal 30 siswa. Sedangkan materi tes penerimaan siswa baru terdiri atas bidang studi Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA.

Selain SMPN 2, juga SMPN 1 dan SMP Al-Azhar juga telah membuka pendaftaran siswa baru. Tetapi di dua sekolah itu panitia memungut biaya. Bagi calon siswa baru yang mendaftar di SMPN 1, Palu dipungut biaya sebesar Rp 10 ribu dan SMP Al-Azhar, sebesar Rp 50 ribu.


Editor : Benny N Joewono
Sumber: