Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eks RSBI Diminta Tetap Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Kompas.com - 25/01/2013, 17:16 WIB

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Djunaidi Thalib minta eks Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) tetap meningkatkan kualitas pendidikan para siswanya.

"Walaupun RSBI sudah dibubarkan, namun saya minta setiap sekolah eks RSBI harus tetap menjaga dan meningkatkan kualitas pendidiknya. Jangan sampai ketika RSBI dibubarkan mempengaruhi kualitas pendidikan siswanya," ujar Djunaidi Thalib di Pangkalpinang, Jumat (25/1/2013).

Ia mengatakan, sebenarnya dengan pembubaran RSBI ini tidak ada pengaruhnya terhadap kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dirinya yakin pemerintah pusat akan segera mengambil tindakan tegas dan cepat untuk menggantikan sistem RSBI tersebut.

Secara keseluruhan di Babel ada 13 sekolah RSBI dan diharapkan mengikuti keputusan pemerintah pusat dan menunggu hasil kajian selanjutnya untuk menggantikan sistem pendidikan itu.

Sementara itu, terkait dengan anggaran, Pemprov Babel tidak mengalokasikan dana khusus untuk pengembangan RSBI di daerah itu, sehingga ketika pembubaran RSBI tidak ada pengaruhnya terhadap anggaran pendidikan.

"Pemerintah hanya mengalokasikan anggaran untuk biaya pengembangan seluruh sekolah di Babel. Jadi tidak ada dana khusus untuk RSBI," ujarnya.

Namun menurut dia, ada beberapa biaya pendidikan di RSBI yang tidak bisa dibiayai dari pemerintah sehingga harus dibebankan kepada orang tua siswa. "Nah, biaya pungutan itulah yang semestinya diawasi dan dikaji kembali agar jangan sampai ada penyalah gunaan anggaran," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com