Rabu, 26 November 2014

News / Edukasi

Universitas Negeri Makassar Kerjasama Dengan Undana

Selasa, 29 Januari 2013 | 22:06 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com - Universitas Negeri Makassar menjalin kerja sama dengan Universitas Nusa Cendana (Undana) untuk program pertukaran mahasiswa dan penelitian bersama.

"Kedua bentuk kerja sama tersebut diharapkan dapat saling mendukung untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM)," kata Rektor UNM Prof Dr Arismunandar, MPd di Makassar, Selasa (29/1/2013).

Dia mengatakan untuk mendukung kedua program itu, pihak UNM juga bersedia untuk menerima dosen Undana mengikuti program doktor sesuai dengan program studi yang diminati.

Karena itu, lanjut dia, nota kesepahaman yang telah ditandatangani kedua belah pihak akan segera diimplementasikan untuk mendukung program pendidikan di perguruan tinggi masing-masing.

"Nota kesepahaman yang sudah disepakati ini sudah memiliki payung hukum sehingga harus betul-betul harus diperhatikan," katanya.

Terkait pengiriman dosen yang akan melanjutkan studi di UNM, dia mengatakan, pihaknya akan memfasilitasi untuk diterima setiap semester.

Menanggapi hal tersebut, Rektor Undana Prof Ir Frans Umbu Datta, M.App.Sc, PhD mengatakan, pihaknya akan mengirim sejumlah dosen yang masih berkualifikasi master untuk melanjutkan studi ke jenjang doktor di Program Pascasarjana UNM.

"Selain program ini, program bersama yang akan kita jalankan adalah penelitian dosen bersama, termasuk pertukaran mahasiswa," ujarnya.

Khusus mengenai pertukaran mahasiswa antaruniversitas, Arismunandar mengatakan, UNM kini sementara merancang gagasan untuk diadakannya pertukaran mahasiswa senusantara. Salah satu upaya tersebut dapat diaplikasikan melalu pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ataupun Praktek Lapangan.


Editor : Benny N Joewono
Sumber: