Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Mahasiswa Undip Ikuti Ajang Simulasi PBB

Kompas.com - 01/02/2013, 07:57 WIB
Sonya Helen Sinombor

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Universitas Diponegoro Semarang kembali mengirim delegasi mahasiswa untuk tampil dalam ajang Harvard National Model United Nations (HNMUN). Untuk tahun ini, Undip mengirim enam mahasiswa yang akan tampil membawakan simulasi PBB dalam forum ke-59 HNMUN yang akan berlangsung di Boston, Amerika Serikat, 14-17 Februari mendatang.

Delegasi dari Undip yang didampingi dosen pembimbing Rully Rahadian terdiri dari mahasiswa dari beberapa fakultas, yakni Akmal Niam Firdauzi Masyhudi dan Samuel Raditya Wibawa (Fakultas Kedokteran), Farah Ratna Afriani dan Aulia Octa Vestaliza (Fakultas Ilmu Budaya), Nelwan Syarfina Hajidah (Fakultas Hukum), dan Fatima Setyani (Fakultas Teknik).

"Dalam forum ini kami akan tampil mewakili Republik Serbia. Sebelum berangkat kami melakukan berbagai persiapan," ujar Farah Ratna Afriani saat bertemu dengan Rektor Undip Prof Sudharto P Hadi dan jajaran pimpinan di Undip, kemarin.

Dalam simulasi sidang PBB tersebut, delegasi Undip akan mengikuti sidang di empat komite, yakni Disarmament and Internasional Security (DISEC), World Health Organization (WHO), Committee and Energy and The Third World Assembly on Ageing.

"Tahun 2013 merupakan tahun keempat Undip mengikuti ajang HNMUN. Tentu keikutsertaan mahasiswa Undip dalam kegiatan ini akan menambah pengalaman di forum internasional," papar Sudharto.

Pada tahun ini, menurut Rully, delegasi Undip akan berupaya tampil maksimal mewakil Republik Serbia. Berbagai referensi mengenai negara tersebut dipelajari para mahasiswa yang akan berangkat ke ajang tersebut.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, keberangkatan delegasi Undip ke ajang HNMUN juga didukung sejumlah pihak. Tahun ini selain didukung Telkom dan Telkomsel, sejumlah mitra Undip juga memberikan dukungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com