Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa Studi ke Jepang untuk Lulusan SMA, Mau?

Kompas.com - 06/02/2013, 13:52 WIB

KOMPAS.com - Baru lulus sekolah dan ingin melanjutkan kuliah ke Jepang? Mungkin kok...

Program beasiswa Mitsui-Busan menanggung studi kandidat sampai tahun 2019. Pasalnya, beasiswa ini meliputi studi selama 4 tahun di Jepang plus persiapan selama 1,5 tahun untuk mempersiapkan kandidat dengan kemampuan bahasa Jepang di Japanese Language School.

Jadi, jika tak bisa bahasa Jepang, jangan khawatir. Karena selain persiapan bahasa selama 1,5 tahun di Jepang, sebelum berangkat, penerima beasiswa akan menerima pelatihan selama dua bulan di Indonesia mengenai bahasa Jepang, budaya, sejarah dan kehidupan di Jepang.

Beasiswa ini meliputi tunjangan hidup sebesar 145.000 yen  per bulan selama 5,5 tahun, tiket pulang-pergi Indonesia-Jepang, tunjangan kedatangan sebesar 50.000 yen, biaya kursus bahasa, dan asuransi.

Program beasiswa ini diperuntukkan untuk para kandidat asal Indonesia yang sudah atau baru akan lulus SMA dan berusia kurang dari 20 tahun pada tanggal 12 April 2013. Untuk mendaftar, kandidat juga harus direkomendasikan oleh Kepala Sekolah SMA asal kandidat.

Kandidat dapat memilih jurusan di perguruan-perguruan tinggi favorit di Jepang, seperti Universitas Tokyo, Intitut Teknologi Tokyo, Universitas Keio, dan Universitas Waseda. Bidang studi yang ditawarkan dibagi ke dalam dua bidang besar, yaitu Ilmu Pengetahuan dan Teknik serta Ilmu Sosial, Bisnis dan Niaga. Program studi yang ditawarkan bisa dilihat di laman resmi Perhimpunan Alumni Indonesia dari Jepang (Persada).

Pendaftaran dibuka pada tanggal 11 Maret 2013 dan ditutup tanggal 12 April 2013. Formulir aplikasi dan kelengkapan dokumen bisa dikirimkan ke:

Persada c/o Kampus Universitas Darma persada (Unsada)
Jl. Radin Inten II (Terusan Casablanca)
Pondok Kelapa, Jakarta Timur 13450
Indonesia
Telp: (021) 8647373
Fax: (021) 86900241

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com