Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY Tak Seharusnya Sebut Fuad Bawazier Berkasus

Kompas.com - 06/02/2013, 17:10 WIB
Aditya Revianur

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Erry Riyana Hardjapamekas menyayangkan pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menyebut Fuad Bawazier memiliki kasus hukum. Sebelumnya, di Jeddah, Arab Saudi, Presiden menuding Fuad dan sejumlah aktivis yang melaporkan dugaan pengemplangan pajak keluarga Istana. Menurutnya, Fuad dan kawan-kawan adalah pihak yang melaporkan penggelapan pajak yang dituduhkan kepadanya seperti ditulis harian The Jakarta Post, pekan lalu.

Erry menilai, hal itu seharusnya tak disampaikan Presiden ke publik.

"Kalau dia tahu (ada kasus), seharusnya laporkan ke KPK, jangan dilempar ke publik seperti itu. Laporkan saja ke KPK dengan bukti," kata Erry, di Jakarta, Rabu (6/2/2013).

Ia mengungkapkan, jika memang memiliki kasus hukum di KPK pada enam tahun lalu, menurutnya, Fuad seharusnya sudah menjalani proses hukum. Erry juga menekankan, pimpinan KPK selayaknya tak merespons dengan menyebutkan identitas seseorang yang diduga berkasus tanpa alat bukti yang cukup.

Merespons pernyataan SBY, Ketua KPK Abraham Samad dan penasihat KPK Abdullah Hehamahuwa, yang pernah menjabat pimpinan KPK, membenarkan bahwa sebelumnya ada kasus yang dilaporkan ke KPK terkait Fuad Bawazier. Hal itu terjadi pada masa pimpinan KPK periode pertama di bawah Taufiequrrachman Ruki. (Baca: Abraham Samad Akui Fuad Bawazier Punya Kasus Hukum dan Inilah Kronologi Gagalnya Fuad Bawazier Jadi Menteri SBY).

Presiden sebut Fuad

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Jeddah, Arab Saudi, menuding aktivis Adhie Massardi, Ratna Sarumpaet, dan Fuad Bawazier sebagai pihak yang melaporkan penggelapan pajak yang dituduhkan kepadanya seperti ditulis harian The Jakarta Post. Presiden pun mengaku prihatin dituduh tidak membayar pajak.

''Saya telah memenuhi kewajiban saya dengan sebenar-benarnya untuk bayar pajak,'' ujar SBY di Jeddah, Arab Saudi, Senin (4/2/2013) malam.

''Saya prihatin, dengan harta yang jumlahnya tidak spektakuler dianggap tidak taat pajak. Ada yang triliunan, ratusan miliar, tidak beres bayar pajak kadang-kadang luput dari perhatian. Ini ketidakadilan,'' papar SBY.

SBY mengaku sudah mendengar ada yang melapor ke KPK terkait dugaan tak taat bayar pajak yang dituduhkan kepadanya. ''Disebut ada Fuad Bawazier, Adhie Massardi, Ratna Sarumpaet,'' kata SBY.

Dalam jumpa pers itu, secara khusus Presiden SBY menyoroti Fuad Bawazier. Ia menyebutkan sejak enam tahun lalu dirinya sempat akan mengangkat Fuad sebagai menteri.

''Tapi di saat terakhir saya dapat data dari KPK kalau diangkat nanti akan jadi masalah besar. Jadi saya menyelamatkan beliau. Berhentilah dalam menuduh dan curiga. Pandai-pandailah berintrospeksi. Junjunglah kebenaran,'' ungkap SBY.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com