Minggu, 23 November 2014

News / Edukasi

UGM Juga Hapuskan Uang Pangkal

Kamis, 7 Februari 2013 | 09:12 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Sesuai dengan aturan pemerintah, Universitas Gadjah Mada (UGM) juga akan menerapkan peniadaan uang pangkal pada mahasiswa baru tahun akademik 2013/2014 ini. Dengan demikian, mahasiswa baru UGM hanya akan menanggung biaya kuliah per semester saja.

Kepala Humas UGM, Wiwit Wijayanti, mengatakan bahwa kebijakan yang muncul pada tahun ini memang diperuntukkan bagi semua Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Untuk itu, pihaknya mengikuti apa yang telah digariskan oleh pemerintah tersebut dengan menghapuskan uang pangkal.

"Tahun ini pemerintah menggariskan untuk menerapkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada semua PTN. Yang artinya juga tidak ada lagi uang pangkal," kata Wiwit kepada Kompas.com, Rabu (6/2/2013).

Seperti diketahui, UKT adalah pembiayaan tunggal bagi mahasiswa yang hanya dibayarkan sekali pada tiap semester. Selanjutnya, PTN tidak diperkenankan membebani mahasiswa dengan biaya lain di luar UKT. Misalnya, untuk pembayaran praktikum, wisuda bahkan uang pangkal saat masuk.

"Jadi cukup mengeluarkan biaya untuk bayaran per semesternya saja. Tidak ada lagi biaya tambahan," jelas Wiwit.

"Ini juga berlaku untuk semua jalur penerimaan. Baik lewat SNMPTN, SBMPTN dan UM UGM, semuanya tidak akan dikenai uang pangkal. Kalau uang kuliahnya itu tergantung masing-masing prodi," tandasnya.

 


Penulis: Riana Afifah
Editor : Caroline Damanik