Kamis, 2 Oktober 2014

News / Edukasi

Ujian Nasional Barut Akan Diikuti 1.383 Siswa

Kamis, 7 Februari 2013 | 19:13 WIB

BARUT, KOMPAS.com - Ujian nasional (UN) tahun ajaran 2012/2013 tingkat SMA, SMK dan MA di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, akan diikuti 1.383 orang siswa tersebar di 13 sekolah negeri dan swasta di sembilan kecamatan.

"Untuk sementara peserta UN di daerah ini mencapai ribuan orang," kata Kepala Dinas Pendidikan Barito Utara (Barut), Sofiansyah di Muara Teweh, Kamis (7/2/2013).

Sekolah yang menggelar UN, kata dia, untuk dalam kota Muara Teweh di antaranya SMAN 1, SMAN 2, SMKN 1, SMKN 2 dan MAN, kemudian SMA Tumpung Laung di Kecamatan Montallat, SMA Kandui Kecamatan Gunung Timang, SMA Lahei Kecamatan Lahei, SMA Kecamatan Teweh Timur dan Kecamatan Gunung Purei.

"Penyelenggaran UN ini memang serentak namun setiap sekolah ada yang berbeda selesainya, tergantung jumlah mata pelajaran," katanya.

Sofiansyah mengatakan formulasi tingkat kelulusan UN 2013 sama dengan tahun lalu, yakni Nilai sekolah untuk tingkat SMA/MA/SMK merupakan gabungan nilai rapor semester 3,4,5 dan ujian sekolah.

Dengan formulasi tersebut diharapkan pihak sekolah tidak hanya mengejar kuantitas, tetapi harus memperhatikan kualitas kelulusan. "Kita berharap hasil UN tahun ini lebih baik dari sebelumnya, karena kriteria penilaian tingkat kelulusan mengikutsertakan nilai sekolah," katanya.

Ia mengatakan, untuk pengawasan UN di dalam kota dilakukan secara silang oleh sejumlah sekolah, sedangkan di kecamatan pengawasnya ditunjuk oleh camat setempat.

"Kita harapkan hasil UN tahun ini lebih baik dibanding sebelumnya. Tingkat kegagalan atau keberhasilan merupakan tanggung jawab bersama baik sekolah maupun dinas," katanya.


Editor : Benny N Joewono
Sumber: