Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disdik: Sekolah di Ambon Siap Hadapi UN

Kompas.com - 07/02/2013, 21:22 WIB

AMBON, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon menyatakan sekolah di Ambon siap menghadapi pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2013. "Pihak sekolah telah mempersiapkan siswa untuk menghadapi UN dengan pembekalan soal-soal, penambahan jam belajar serta proses pemantapan (try out)," kata Kadis Pendidikan setempat, Benny Kainama, Kamis (7/2/2013) di Ambon.

Menurut dia, pihaknya telah melakukan sosialisasi ke seluruh sekolah di Kota Ambon terkait standar kelulusan UN. Sekolah telah diimbau melakukan persiapan bagi para siswa, karena standar kelulusan UN 2013 tidak mengalami perubahan.

"Standar kelulusan siswa masih sama seperti tahun 2012 yakni 5,05 dan nilai terendah untuk tiap mata pelajaran adalah 4,00, sehingga dibutuhkan kerja sama dari guru maupun orang tua dalam mendampingi siswa," ujarnya.

Diakui Benny, beberapa faktor harus menjadi perhatian yakni faktor psikologis siswa serta aktifitas siswa diluar jam sekolah. "Hal teknis seperti ini yang harus menjadi perhatian guru dan orang tua, karena tanpa bimbingan dan dukungan orang tua siswa tidak fokus mempersiapkan diri menghadapi ujian," katanya.

Disinggung peserta UN, Benny menyatakan pihaknya belum menetapkan jumlah siswa yang akan mengikuti UN 2013. "Pihak sekolah belum memberikan data lengkap jumlah siswa yang akan mengikuti UN, sehingga kami belum bisa mengeluarkan DNT," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya optimis tingkat kelulusan di Ambon akan mencapai 98 persen. "Kami optimis hasil kelulusan siswa tahun ajaran 2013 lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, karena berdasarkan pengawasan terhadap proses belajar mengajar dan uji coba ternyata hasilnya relatif meningkat," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com