Kamis, 24 April 2014

News / Edukasi

Pekan Depan, Rembuk Nasional Pendidikan 2013 Digelar

Jumat, 8 Februari 2013 | 14:11 WIB

Baca juga

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali menyelenggarakan Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) pada tanggal 11-12 Februari mendatang di Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Bojongsari, Depok.

Sekretaris Jendral Kemdikbud, Ainun Naim, mengatakan bahwa rencananya kegiatan RNPK ini akan dibuka oleh Wakil Presiden RI Boediono. Pada tahun ini, tema yang diangkat dalam kegiatan RNPK adalah Menuntaskan Program Prioritas Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2013-2014.

"Program prioritas pendidikan ini harus tuntas agar pendidikan terus berkembang menjadi lebih baik," kata Ainun saat jumpa pers di Gedung C Kemdikbud, Jakarta, Jumat (8/2/2013).

Kegiatan ini akan diikuti oleh 996 peserta yang terdiri dari pejabat Kemdikbud, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemdikbud di daerah, Rektor, Direktur Politeknik, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota, Atase Pendidikan Kebudayaan RI di luar negeri dan masih banyak lagi.

"Para peserta ini akan dibagi menjadi lima komisi dan masing-masing komisi membahas topik yang berbeda," jelas Ainun.

Adapun topik yang akan dibahas adalah persiapan pelaksanaan dan pengelolaan kurikulum, penyiapan akademi komunitas dan Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN), pelestarian kebudayaan Indonesia, implementasi Pendidikan Menengah Universal (PMU) dan masalah biroraksi serta tata kelola keuangan termasuk tindak lanjut RSBI.
   
"Semoga RNPK kali ini berjalan lancar dan menghasilkan solusi dan gagasan yang sesuai," tandasnya.

 


Penulis: Riana Afifah
Editor : Caroline Damanik