Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Miliar Untuk Kegiatan Penelitian Dosen

Kompas.com - 18/02/2013, 06:07 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menganggarkan Rp1 miliar untuk kegiatan penelitian internal dosen di perguruan tinggi swasta tersebut.

"Dana yang tersedia untuk kegiatan penelitian internal dosen yang tercantum dalam Anggaran dan Pendapatan Belanja Universitas sebesar Rp 1 Miliar ," kata Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) UMSU, Prof DR Alesyanti, MPd, MH kepada wartawan, Minggu (17/2/2013).

Dia menjelaskan, anggaran penelitian tersebut diperebutkan bagi para dosen yang berminat melakukan penelitian dengan mengirimkan proposal ke P3M. Untuk tahap pertama tahun 2013 tercatat ada sebanyak 60 proposal penelitian yang masuk mengikuti seleksi.

Dari jumlah tersebut sebanyak 22 proposal penelitian berhasil lolos dengan jumlah total anggaran yang diserap sebesar Rp 94 juta. Sementara para dosen yang proposal penelitiannya gagal masih diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan.

"Bila melihat jumlah proposal penelitian yang masuk, artinya masih cukup banyak anggaran yang disediakan belum terserap, sehingga peluang untuk mendapatkan biaya penelitian terbuka lebar," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, seleksi proposal penelitian yang dibiayai UMSU sendiri dilakukan sebanyak dua kali setiap tahun. Seleksi proposal pertama pada Desember 2012 dan tahap ke dua direncanakan April 2013.

"Untuk seleksi proposal, P3M UMSU menggandeng dua reviewer dari luar yakni Prof Badaruddin dari USU dan Prof Dian Armanto Guru Besar Unimed yang juga Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut-Aceh," katanya.

Keberadaan reviewer dari luar lingkungan UMSU dimaksudkan agar seleksi proposal penelitian benar-benar fair dan memenuhi standar ilmiah sesuai ketentuan penilaian Dikti.

Besarnya anggaran penelitian untuk para dosen UMSU sendiri diharapkan mampu memotivasi kegiatan penelitian di lingkungan universitas. Selain itu tentu untuk menambah penghasilan dosen di luar mengajar.

Masih dalam rangka meningkatkan penelitian di lingkungan kampus, P3M jelas Prof Alesyanti, menggelar Sosialisasi dan Pendalaman Format Penelitian Dikti Edisi VIII serta Pembinaan Penelitian Internal UMSU.

"Kegiatan dilaksanakan selama dua hari 13-14 Februari dengan narasumber Prof Dian Armanto, Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut-Aceh," katanya.

Dalam kegiatan tersebut Prof Dian Armanto mengajak para dosen untuk memperkaya diri lewat jalan halal dengan melakukan penelitian. "Mari kaya raya dengan penelitian," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com