Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

55 Beasiswa Penelitian untuk Tugas Akhir Mahasiswa

Kompas.com - 18/02/2013, 16:02 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Peluang mendapatkan dana penelitian terbuka bagi mahasiswa S1-S3 yang melakukan riset. Pertamina Foundation menawarkan 55 beasiswa penelitian bagi mahasiswa yang akan menyelesaikan tugas akhir untuk skripsi, tesis, maupun disertasi.

"Selain untuk para mahasiswa, peluang sama juga diberikan bagi para maestro yang akan melakukan riset dengan penelitian mandirinya. Kami ingin mendorong munculnya peneliti-peneliti dengan hasil riset terkait dengan pilar Education for Sustainable Development (ESD) lewat program Anugerah Riset Sobat Bumi," kata Direktur Eksekutif Pertamina Foundation Nina Nurlina Pramono di Jakarta, Senin (18/2/2013).

Nina menjelaskan yang dimaksud dengan pilar ESD adalah ekologi atau alam, sosial, budaya, ekonomi dan kesejahteraan. Pertamina Foundation menyediakan anggaran sekitar Rp 1,3 milyar untuk 55 peneliti dalam program Anugerah Riset Sobat Bumi Tahun 2013 .

"Para peneliti mendapat dukungan dana bekisar Rp 10 juta -50 juta, yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan. Salah satu kunci penilaian adalah jika penelitian yang dilakukan mampu mengintegrasikan setiap topik dalam pilar ESD," kata Nina.

Direktur Pendidikan Ahmad Rizali mengatakan, seleksi akan dilakukan secara ketat oleh tim pakar di bidang masing-masing yang merupakan juri independen. "Kalau lulus di tahap ini, mereka diminta mempresentasikan proposalnya di hadapan dewan juri," kata Ahmad.

Peserta diminta untuk mengirimkan proposal penelitiannnya via email ke Sekretaris Panitia (anugrah.risetsobatbumi@gmail.com) mulai 5 Maret 2013. Adapun syarat dan ketentuan dapat dilihat melalui www.beasiswa-sobatbumi.commulai tanggal 25 Februari 2013.

"Untuk yang lulus seleksi proposal, kami akan undang untuk presentasi pada pekan akhir Maret 2013. Sedangkan pemenang anugerah riset diumumkan pada pekan kedua April," ujarAhmad. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com