Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cita-cita Tak Cuma Dokter, Pilot dan Presiden...

Kompas.com - 20/02/2013, 12:24 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Siswa-siswa SDN 01 dan 03 Bendungan Hilir  terlihat antusias mendapatkan pelajaran yang tidak seperti biasanya. Mereka diperkenalkan dengan profesi di luar dokter, pilot, dan presiden, yang biasa mereka tuliskan dalam cita-citanya.

Sehari ini, Rabu (20/2/2013), mereka mendengarkan cerita-cerita para pengajar profesional dari berbagai profesi. Seperti Dirut Bank DKI Eko Budi Wiyono, pakar kuliner Bondan Winarno dan Direktur Keuangan PT PGN Riza Pahlevi. Bukan hanya itu, mereka juga bisa mendengar kisah profesi dokter, agensi periklanan, hingga pesulap.

"Biasanyakan anak-anak cita-citanya ingin menjadi dokter, pilot, presiden dan lainnya. Tetapi sebenarnya ada banyak profesi lainnya yang kelak akan membawa mereka menuju kesuksesan," ujar Bondan Winarno.

Apa yang diberikan kepada siswa SD ini merupakan bagian dari program Indonesia mengajar kelas inspirasi yang digelar di 50 sekolah dasar di seluruh Jakarta. Sekitar 1.200 profesional secara sukarela mencutikan diri dari pekerjaan masing-masing, dan memberikan sedikit waktunya untuk mengajar para siswa SD.

"Ini bagus sekali, tadi saya mengajarkan anak-anak bagaimana cara me-manage uang mereka dan mensosialisasikan mereka pentingnya menabung diusia mereka," kata Eko Budi Wiyono.

Siswa Sekolah Dasar yang berlokasi di Jl Danau Toba, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat ini sangat antusias mendengarkan kisah para pengajar profesional ini. Mereka menganggap hal ini sebagai pengalaman baru yang menyenangkan.

"Seneng, soalnya bosen sama pelajaran biasa," kata Rina, siswa kelas 5 SD.

"Sangat setuju dengan adanya ini karena menambah wawasan mereka karena tidak mengajar mata pelajaran biasa, tapi dari apa yang mereka miliki. sehingga mereka mengenal profesi lainnya," tutur Hidayat, kepala sekolah SDN 01.

Acara ini selesai sekitar pukul 10.00 WIB, yang ditutup dengan pelepasan balon ke udara oleh semua siswa.


Berita terkait, baca : Kelas Inspirasi Indonesia Mengajar

Tak mau ketinggalan informasi seputar pendidikan dan beasiswa? Yuk follow Twitter @KompasEdu
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com