Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar Kuliner Berbagi kepada Anak SD, Apa Pesannya?

Kompas.com - 20/02/2013, 18:13 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menjelaskan tentang profesi yang dijalani, para profesional ini ternyata juga memberikan pesan-pesan bijak pada anak-anak Sekolah Dasar (SD) yang diajarnya dalam Kelas Inspirasi. Pesan bijak tersebut dimaksudkan agar anak-anak ini memahami bahwa pintar saja tidak cukup untuk meraih kesuksesan.

Pakar Kuliner, Bondan Winarno, mengatakan bahwa pesan yang disampaikannya pada siswa kelas I dan kelas V SD Negeri Bendungan Hilir 01/03 terkait dengan baju seragam yang digunakan anak-anak tersebut pada hari ini yaitu seragam Pramuka. Dalam Pramuka, dikenal janji Tri Satya dan Dasa Dharma yang sering diucapkan dan dihafalkan oleh para siswa.

"Selama ini anak-anak hanya sekadar hafal. Jadi janji yang bermakna memberi yang terbaik itu sering dilupakan," kata Bondan saat dijumpai di SD Negeri Bendungan Hilir 01/03, Jakarta, Rabu (20/2/2013).

"Tanpa memberikan yang terbaik dari diri kita maka jadi apapun kita akan gagal," imbuh Bondan yang hadir dengan menggunakan seragam Pramuka.

Keikutsertaannya dalam Kelas Inspirasi yang diselenggarakan oleh Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar ini ternyata merupakan inisiatif sendiri. Ia merasa perlu berbagi dengan siswa SD yang ada untuk memberikan gambaran bahwa persaingan akan semakin ketat saat beranjak dewasa.

"Saya mendaftar untuk ikut ini. Motivasi saya bisa berbagi dengan mereka sekaligus menyampaikan bahwa hidup itu sulit dan penuh persaingan," ungkap Bondan.

"Jika tidak memberikan yang terbaik maka akan kalah saing dengan anak-anak lain," tandasnya.


Berita terkait, baca: "Kelas Inspirasi Indonesia Mengajar"

Tak mau ketinggalan informasi seputar pendidikan dan beasiswa? Yuk follow Twitter @KompasEdu

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com