Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK: Jangan Ada Dikotomi Capres Tua dan Muda

Kompas.com - 21/02/2013, 18:49 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden 2004-2009 M Jusuf Kalla atau akrab disapa JK menolak dikotomi antara usia muda dan tua dalam pengusungan calon presiden dan wakil presiden. Mereka yang diusung dalam Pilpres, kata dia, harus yang terbaik tanpa melihat umur.

JK mengatakan, Presiden hanya ada satu. Jika rakyat salah memilih, maka rakyat akan menderita selama lima tahun ke depan. Berbeda dengan menteri, kata dia, yang bisa diganti setiap saat jika melakukan kesalahan.

Dengan demikian, pria dengan umur hampir 71 tahun itu menolak jika ada desakan regenerasi pemimpin. "Jangan berpikir bahwa presiden tempat pengkaderan," kata JK saat menjadi pembicara dalam peluncuran buku "Perang Bintang 2014, Konstelasi dan Prediksi Pemilu dan Pilpres" karya pengamat politik dari Lembaga Survei Indonesia (LSI) Burhanuddin Muhtadi di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Kamis (21/2/2013).

JK menambahkan, di negara mana, capres dan cawapres tidak dibatasi usia maksimal. Yang ada batas minimal umur untuk menjadi pemimpin. "Presiden itu perlu wisdom, perlu kearifan, pengalaman, perlu dilihat bagaimana kepemimpinan," ucap politisi senior Partai Golkar itu.

Terkait Pilpres 2014, JK mengaku ingin terlebih dulu melihat tingkat dukungan publik terhadapnya. Selain itu, JK juga mengaku menunggu pinangan parpol. Seperti diketahui, Partai Golkar sudah menetapkan Ketua Umumnya Aburizal Bakrie alias Ical sebagai capres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com