Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak SMK yang Tak Mendaftar SNMPTN

Kompas.com - 22/02/2013, 17:06 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari 13.000 sekolah yang siswanya tidak mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) ini, sebagian besar adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Madrasah Aaliyah (MA). Ketua Umum Panitia Pelaksana SNMPTN 2013, Akhmaloka, mengatakan bahwa pihaknya belum melihat detail penyebab banyaknya sekolah yang siswanya tidak ikut SNMPTN.

Namun melalui pengamatan panitia, kebanyakan adalah SMK dan MA yang tidak masuk dalam Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yang merupakan salah satu syarat agar siswa dapat ikut SNMPTN.

"Yang banyak tidak masuk itu SMK. MA juga sedikit yang masuk. Kalau untuk SMA sudah 70 persen yang terdaftar," kata Akhmaloka kepada Kompas.com, Jumat (22/2/2013).

"Kalau dari jumlahnya naik dua kali lipat dari 7000 hingga 14.000 sekolah. Ini sudah luar biasa," ujar Akhmaloka.

Sedikitnya SMK yang memasukkan data dalam PDSS ini dikarenakan banyak siswanya yang tak berminat masuk ke universitas negeri yang ditawarkan pada SNMPTN. Biasanya, para siswa SMK ini bertujuan untuk melanjutkan pendidikan ke politeknik baik negeri maupun swasta.

"Kalau politeknik ini beda lagi. Tidak bisa melalui SNMPTN. Itu salah satu yang membuat banyak SMK tidak masuk," ungkap Akhmaloka.

Sementara bagi SMA yang tidak mendaftar, ditengarai adanya keraguan dari pihak sekolah dan para siswanya apakah mampu menembus persaingan SNMPTN. Meski biaya pendaftaran digratiskan, sekolah tersebut tetap berpikir ulang saat akan memasukkan data ke PDSS.

"Kami inginnya 100 persen. Tapi memang ada sekolah-sekolah yang kurang percaya apakah anaknya bisa masuk karena saingan sekolahnya beragam. Aspek seperti ini yang akhirnya membuat sekolah ragu mendaftar," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, dari sebanyak 27.630 SMA/SMK/MA hanya 14.680 sekolah yang siswanya mendaftar ikut SNMPTN. Sementara 13.000 sisanya kemungkinan tidak terdaftar dalam PDSS sehingga siswanya tidak bisa mendaftar SNMPTN 2013 yang memang mengharuskan sekolah untuk memasukkan sekolahnya dalam PDSS.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com