Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unej Buka Empat Program Studi Baru

Kompas.com - 22/02/2013, 18:21 WIB
Syamsul Hadi

Penulis

JEMBER, KOMPAS.com -- Universitas Jember (Unej) tengah menyiapkan empat program studi baru. Keempat program studi tersebut adalah Program Studi Teknik Pertambangan, Teknik Industri Pertanian, Teknik Informatika, dan Teknik Lingkungan.

Menurut Pembantu Rektor I Unej Zulfikar, pembukaan empat program studi baru ini untuk mendukung Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang jadi rujukan pembangunan ekonomi Indonesia.

"Lulusan diharapkan menjadi sumber daya yang kompeten mendukung MP3EI, terutama di Indonesia bagian timur. Posisi dosen empat program studi tersebut masih dipersiapkan," kata Zulfikar, Jumat (22/2/2013).

MP3EI sendiri merupakan amanah yang harus ditanggapi secara positif, termasuk perguruan tinggi. Perguruan Tinggi memiliki tugas dan peran dalam penyediaan sumber daya manusia dan iptek sesuai koridor ekonomi dan potensi daerah.

Guna mempersiapkan pembukaan empat program studi baru tersebut, Unej menggelar workshop "Analisis MP3EI dan Ketahanan Nasional untuk Menentukan Program Studi, Arah, Riset dan Kerja Sama" pada 25-26 Februari 2013 di Kampus Tegalboto, Unej.

Hadir sebagai pembicara kunci Prof Lilik Hendrajaya (guru besar Fisika, mantan Rektor Insitut Teknologi Bandung) dan Melania S Muntini (dosen FMIPA Institut Teknologi Surabaya).

Peserta workshop adalah dosen perguruan tinggi negeri dan swasta di Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, dan Probolinggo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com