Minggu, 23 November 2014

News / Edukasi

IKIP PGRI Semarang Segera Jadi Universitas

Sabtu, 23 Februari 2013 | 23:17 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Pengembangan IKIP PGRI menjadi Universitas Pendidikan PGRI mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pengembangan ini dilakukan untuk meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) perguruan tinggi di Indonesia.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa penguataan kelembagaan dengan mengubah akademi menjadi universitas itu dimungkinkan. Bahkan dengan pengembangan ini dinilai efektivitas sisi pengelolaan akan menjadi lebih baik.

"IKIP PGRI itu konsentrasi pada fakultas perguruan. Jadi sama-sama perguruan tinggi tapi bidangnya sejenis," kata Nuh seusai Sosialisasi Kurikulum 2013 di IKIP PGRI, Semarang, Sabtu (23/2/2013).

"Ini mau dikembangkan jadi lembaga tinggi dengan berbagai macam bidang yang biasa disebut universitas," imbuh Nuh.

Dengan perjalanan menjadi Universitas Pendidikan PGRI, program studinya akan ditambah khususnya di bidang vokasi. Apalagi bergabungnya Akademi Teknologi Semarang (ATS) juga membuat program studi yang akan ditawarkan Universitas Pendidikan PGRI semakin lengkap.

Selain mengembangkan kelembagaannya, fasilitas dan sarana prasarana juga akan disiapkan antara lain adanya asrama bagi mahasiswa dan bangunan kampus yang lebih luas lagi dibangun di atas tanah sebesar lima hektar dengan estimasi ada empat kampus.


Penulis: Riana Afifah
Editor : Benny N Joewono