Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/03/2013, 08:57 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dengan tak ada batasan akreditasi sekolah dalam mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013, jumlah sekolah yang mendaftarkan siswanya dalam seleksi ini mengalami kenaikan hampir dua kali lipat.

Humas Panitia SNMPTN 2013, Bambang Hermanto, mengatakan bahwa tahun lalu jumlah sekolah yang mendaftar SNMPTN hanya sebanyak 7.713 sekolah. Terlebih lagi, saat itu jalur undangan membatasi jumlah siswa yang mendaftar berdasarkan akreditasi sekolah.

"Tahun ini, jumlah sekolah yang mendaftar mencapai lebih dari 13.000 dari total keseluruhan sekolah yang ada di Indonesia," kata Bambang di Kemdikbud, Jakarta, Jumat (1/3/2013).
 
Ia menjelaskan bahwa saat ini tidak ada batasan untuk sekolah yang ikut SNMPTN. Adapun pada tahun lalu, batasan untuk sekolah berakreditasi A (50 persen), B (30 persen), C (15 persen), dan tidak terakreditasi 5 persen.

"Sekarang tidak ada lagi pembatasan. Siapapun bisa mendaftar tanpa terbatas pada akreditasinya," jelas Bambang.
 
Selain tak ada batasan akreditasi, ia juga mengatakan bahwa kenaikan jumlah sekolah ini disebabkan kebijakan panitia SNMPTN, yang membebaskan pungutan uang pendaftaran. Perubahan kebijakan ini dilakukan atas masukan dari masyarakat.

Seperti diketahui, pendaftaran SNMPTN bagi siswa masih tersisa tujuh hari lagi. Pendaftaran ditutup pada 8 Maret 2013. Mulai tahun ini, SNMPTN  yang akan diikuti 61 perguruan tinggi negeri (PTN) tidak membuka jalur ujian tulis, tetapi hanya jalur undangan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com