Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UN SD Tidak Gunakan 20 Variasi Soal

Kompas.com - 08/03/2013, 15:36 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ujian Nasional (UN) 2013 akan segera digelar pada April mendatang. Sebanyak 20 variasi soal UN sudah disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama dengan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Namun, aturan variasi ini tidak berlaku di SD.

Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kemdikbud, Ibrahim Bafadal, mengatakan bahwa untuk SD tidak akan dibuat soal sebanyak 20 variasi karena dinilai tidak sesuai untuk anak-anak usia SD. Dengan demikian, tidak ada perubahan signifikan terhadap UN SD ini.

"Tidak 20 variasi soal untuk SD. Dari tahun-tahun sebelumnya, SD memang berbeda. Termasuk dalam penggandaan soal dan kelulusan," kata Ibrahim di Jakarta, Jumat (8/3/2013).

Ia menjelaskan bahwa penggandaan soal UN SD diserahkan langsung pada daerah. Kebijakan ini diambil mengingat jumlah SD yang sangat banyak dan jangkauannya yang tidak sekadar di Kabupaten/Kota saja namun hingga kampung pedalaman sehingga akan lebih optimal jika daerah langsung yang menanganinya.

"Memang ini program nasional tapi ada macamnya program nasional yang didelegasikan pada daerah. SD perlu didelegasikan karena sangat banyak," jelas Ibrahim.

Meski ditangani daerah, peraturan yang dianut tetap berasal dari pusat sesuai dengan POS UN yang telah dirilis oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud beberapa waktu lalu. Selanjutnya mengenai kelulusan, ia mengungkapkan bahwa untuk jenjang SD semuanya berada di tangan sekolah.

"Kalau SD yang menentukan kelulusan itu sekolah langsung. Tidak seperti SMA yang ada di pusat," tandasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com