Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/03/2013, 20:45 WIB
Sonya Helen Sinombor

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Hingga Jumat (8/3/2013) pukul 12.00 WIB, jumlah pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui jalur undangan tahun 2013 di Universitas Diponegoro Semarang, Jawa Tengah, mencapi 53.641 siswa. Dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah pendaftar SNMPTN melalui jalur undangan itu, meningkat.

Rektor Undip, Prof Sudharto P Hadi, mengemukakan, peningkatan jumlah siswa yang mendaftar di Undip salah satunya karena kebijakan SNMPTN jalur undangan, yang mengatur siswa yang mendaftar di provinsi tertentu, salah satunya harus memilih PTN yang berlokasi sama dengan sekolah asal.

"Jumlah ini jauh meningkat daripada tahun lalu untuk jalur SNMPTN sebanyak 35.214 orang, dan yang diterima 1.272 orang. Untuk tahun ini, rencananya akan diterima 4.006 orang dari jalur SNMPTN," kata Sudharto.

Sudharto menyebutkan, ada beberapa sekolah yang belum yang belum merekomendasikan siswanya untuk mendaftar SNMPTN. Oleh karena itu pihaknya mengimbau, agar sekolah segera merekomendasi para siswanya sebelum penutupan pendaftaran Jumat ini  pukul 22.00 WIB.

Pada tahun ini, untuk masuk ke Undip, calon mahasiswa dapat mengikuti tiga jalur yakni SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur mandiri. "Bagi calon mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi namun baik dalam akademis, kami juga menyediakan jalur Bidik Misi," katanya.

Hingga kini, jumlah pelamar program Bidik Misi Undip seba nyak 7.602 siswa. Pihak Undip telah mengajukan kuota Bidik Misi sebanyak 1.500 siswa untuk seluruh jalur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com