Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UNS Rekrut 144 Dosen Non PNS

Kompas.com - 08/03/2013, 21:39 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo pada tahun ini akan merekrut 144 dosen nonpegawai negeri sipil sebagai upaya untuk mengatasi kekurangan jumlah staf pengajar.

"Kita juga akan kembangkan ke depan nonpegawai negeri sipil bisa menjadi pegawai tenaga kependidikan. Sebagai badan layanan umum (BLU), kita memiliki kesempatan untuk melakukan ini semua," kata Rektor UNS, Ravik Karsidi pada peringatan Dies Natalis ke-37 UNS di halaman Kantor Pusat UNS, Jumat (8/3/2013).

Selain itu, rektorat juga berupaya untuk merealisasikan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk mendukung integrasi manajemen di semua aspek.

"Selama ini kita terkenal dan selalu memiliki kekurangan bersama, yaitu sendiri-sendiri, kurang terintegrasi, sehingga kurang menuju pada satu kesatuan mewujudkan cita-cita universitas berkelas dunia pada 2030," katanya.

Pengembangan ICT, lanjut Ravik, juga akan digunakan dalam model pengajaran di kelas dengan mengadopsi konsep "blended learning". Oleh karena itu, pihaknya mengimbau para dosen mengubah "mindset" dalam pengajaran.

"Dari sisi pengajaran banyak hal yang akan kita lakukan perubahan khususnya mohon para dosen mengubah ’mindset’-nya bahwa pengajaran itu tidak hanya tatap muka di kelas, hanya satu arah tapi juga sekarang ada yang disebut ICT. Untuk itu perlu digunakan dan karena itu konsep ’blended learning’ akan kita adopsi untuk melakukan ini semua," katanya.

Rektor juga berencana menyelenggarakan forum UNS Peduli untuk menampung aspirasi warga yang akan dilakukan setiap tiga bulan sekali. "Maka kita selenggarakan Forum UNS Peduli. Setiap tiga bulan sekali ada pertemuan untuk menampung aspirasi," katanya.

Ravik dalam hal ini juga mengajak kepada semua civitas akademika UNS untuk menjadikan tahun ini sebagai momentum percaya diri bahwa UNS adalah universitas yang patut diperhitungkan bagi masyarakat di Indonesia.

"Marilah tahun ini kita jadikan momentum percaya diri bahwa UNS adalah universitas yang patut dan pantas diperhitungkan masyarakat di Indonesia," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com