Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpad Kirim Perwakilan ke Simulasi Sidang PBB

Kompas.com - 10/03/2013, 01:17 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung mengirimkan tujuh mahasiswa perwakilannya untuk menghadiri National Model United Nations (NMUN) atau simulasi sidang PBB di New York, Amerika Setikat, 17-21 Maret 2013.

"Kegiatan NMUN merupakan semacam simulasi sidang PBB yang terdiri dari beberapa komite-komite. Di sana perwakilan Unpad kebagian untuk merepresentasikan negara Singapura," kata Kepala Humas Unpad, Wenny Widyowati di Bandung, Sabtu (9/3/2013).

Dalam kegiatan tersebut juga terbagi beberapa komite besar, seperti General Assembly, Security Council, dan Economy-Social Council (Eco-Soc), serta beberapa komite-komite kecil lainnya.

Tujuh mahasiswa yang akan mewakili Unpad di ajang simulasi persidangan PBB di New York itu adalah Wulan Andriany Putri, Damianus Andreas, Fitriah Ady Utammy , Hario Firsta Yudha, Boris Binsar Nathanael, Viddy Naufal, dan Dionisius Arga W.

Mereka sebelumnya harus berjuang melalui seleksi untuk lolos menjadi delegasi untuk NMUN 2013. Selain membuat esai untuk position paper, mereka pun harus memiliki wawasan tentang apa itu NMUN sendiri.

Proses selanjutnya ialah melakukan wawancara dengan faculty advisors (para alumni NMUN) mengenai wawasan NMUN serta PBB sendiri. Setelah itu mereka pun dilatih oleh faculty advisors tersebut. "Kita di-training selama enam bulan," kata Hario salah seorang perwakilan.

NMUN berbeda dengan Model United Nations yang digelar berbagai universitas di dunia. Sebab, NMUN digelar langsung oleh PBB. Adapun untuk "closing ceremony" NMUN 2013 akan bertempat di markas besar PBB sehingga kegiatan ini menjadi pengalaman yang paling mengesankan bagi peserta.

"Sebelumnya saya sudah sering mengikuti MUN tingkat lokal. Dengan mengikuti NMUN kali ini menjadi ajang bagi Indonesia untuk stand out di dunia," kata Wulan, peserta lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com