Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal UNPK Disamakan Dengan Sekolah Formal

Kompas.com - 12/03/2013, 00:41 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.com - Jadwal pelaksanaan Ujian Nasional Pendidikan Kesetaraan (UNPK) atau pendidikan non formal, mulai 2013 disamakan dengan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) pada sekolah formal mulai jenjang SD hingga SMA.

"Pada 2012 dan beberapa tahun lalu, UNPK digelar pada Juli untuk periode I dan digelar Oktober untuk periode II, tetapi mulai 2013 tanggal pelaksanaannya digelar bersamaan, yakni ujian dilakukan pagi untuk sekolah formal, kemudian siang harinya untuk sekolah non formal," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kaltim, H Musyahrim di Samarinda, Senin (11/3/2013).

Musyahrim yang didampingi Kabid Pembinaan SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kaltim Asli Nuryadin ini mencontohkan, UN SMA dan MA digelar pagi hari pada 15 hingga 18 April, sedangkan UNPK Paket C atau yang setera SMA digelar di tanggal yang sama namun dilakukan pada siang hari.

Perbedaannya adalah, pada UN untuk SMA, MA, dan SMK ada UN Susulan yang digelar pada 22 hingga 25 April, tetapi pada UNPK Paket C tidak ada istilah susulan, yang ada adalah UNPK periode II yang digelar pada 1 hingga 4 Juli 2013.

Kemudian UN SMP dan yang sederajat digelar pagi hari pada 22 hingga 25 April, sedangkan UNPK Paket B/Wustha digelar pada 22 hingga 24 April pada siang harinya. Ujian Nasional susulan SMP pada 29 April hingga 2 Mei, sementara UNPK Paket B periode II digelar pada 1 hingga 3 Juli.

UN untuk SD digelar pada 6 hingga 8 Mei pada pagi hari, sedangkan UNPK Paket A/Ula digelar di tanggal yang sama namun pada siang hari untuk periode I sementara periode II pada 1-3 Juli.

Menurutnya, jumlah peserta UN di Kaltim di tingkat SD sebanyak 72.393 siswa, peserta tingkat SMP dan yang sederajat terdapat 55.152 siswa, peserta UN SMA/MA terdapat 23.184 siswa, dan peserta UN SMK di Kaltim sebanyak 20.412 siswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com