Jumat, 19 Desember 2014

News / Edukasi

3 Jenjang Persiapan Guru Jelang Kurikulum 2013

Kamis, 14 Maret 2013 | 11:39 WIB

Terkait

JAKARTA. KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan kebudayaan menetapkan untuk segera menerapkan Kurikulum 2013 pada awal tahun ajaran baru di pertengahan Juli mendatang. Para guru sudah mulai dipersiapkan melalui pelatihan yang digelar secara berjenjang.

Melalui metode master teacher, Kemdikbud menetapkan tiga jenjang persiapan guru, mulai dari pelatihan instruktur nasional, guru inti (master teacher) hingga pelatihan guru nasional.

Sebanyak 666 instruktur nasional akan dilatih pada bulan April 2013. Para instruktur nasional ini nantinya akan melatih sekitar 46.213 guru inti pada bulan Mei.

Setelah itu, sebulan menjelang penerapan kurikulum baru pada pertengahan Juli mendatang, yaitu pada bulan Juni, para guru inti akan melatih sekitar 712.947 guru kelas dan mata pelajaran.

Durasi pelatihan untuk masing-masing tahap baik instruktur nasional hingga guru kelas dan mata pelajaran dilakukan selama 52 jam pertemuan atau setara dengan lima hari. Pola pelatihan juga tidak akan digelar melalui metode ceramah, tetapi melalui diskusi interaktif dan pendampingan. Khusus untuk guru kelas dan mata pelajaran akan didampingi oleh guru inti saat melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas.

 


Penulis: Riana Afifah
Editor : Caroline Damanik