Selasa, 2 September 2014

News / Edukasi

SNMPTN 2013

72.207 Siswa Siap Berlomba Masuk UGM

Jumat, 15 Maret 2013 | 15:28 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak ditutupnya pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013, jumlah pendaftar Universitas Gadjah Mada (UGM) mencapai 72.207 calon mahasiswa. Angka ini meningkat pesat dibandingkan dengan SNMPTN yang digelar pada tahun lalu.

Juru bicara dari UGM, Wiwit Wijayanti, mengatakan bahwa peminat UGM dari tahun ke tahun memang terus meningkat. Ditambah lagi sistem SNMPTN tahun ini yang tidak dipungut biaya, makin membuat para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dari seluruh Indonesia berlomba untuk bisa melanjutkan pendidikan di salah satu kampus terbaik di Indonesia.

"Jumlah peminat UGM pada tahun ini memang meningkat. Tercatat setelah SNMPTN ditutup, ada sebanyak 72.207 peminat," kata Wiwit kepada Kompas.com, Jumat (15/3/2013).

Apabila dibandingkan dengan SNMPTN tahun lalu yang berasal dari jalur undangan dan jalur tertulis, jumlahnya tidak jauh berbeda. Namun mengingat pada tahun ini SNMPTN hanya berupa jalur undangan saja, maka dibandingkan angka jalur undangan pada tahun lalu jumlahnya memang meningkat.

Seperti diketahui, peminat UGM dari jalur undangan pada tahun lalu tercatat sebanyak 32.328 orang. Sementara yang mengikuti SNMPTN melalui ujian tulis sedikit lebih banyak daripada jalur undangan yaitu sebanyak 36.490 orang.

Dari banyak peminat yang mendaftar tahun ini, jurusan yang berhasil menangguk peminat terbanyak adalah jurusan farmasi, pendidikan dokter, gizi dan kesehatan serta teknologi informasi untuk kelompok eksakta. Sementara untuk kelompok non-eksakta, jurusan yang tinggi peminat adalah akuntansi, manajemen, hukum dan komunikasi.

 

 


Penulis: Riana Afifah
Editor : Caroline Damanik