Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/03/2013, 15:28 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak ditutupnya pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013, jumlah pendaftar Universitas Gadjah Mada (UGM) mencapai 72.207 calon mahasiswa. Angka ini meningkat pesat dibandingkan dengan SNMPTN yang digelar pada tahun lalu.

Juru bicara dari UGM, Wiwit Wijayanti, mengatakan bahwa peminat UGM dari tahun ke tahun memang terus meningkat. Ditambah lagi sistem SNMPTN tahun ini yang tidak dipungut biaya, makin membuat para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dari seluruh Indonesia berlomba untuk bisa melanjutkan pendidikan di salah satu kampus terbaik di Indonesia.

"Jumlah peminat UGM pada tahun ini memang meningkat. Tercatat setelah SNMPTN ditutup, ada sebanyak 72.207 peminat," kata Wiwit kepada Kompas.com, Jumat (15/3/2013).

Apabila dibandingkan dengan SNMPTN tahun lalu yang berasal dari jalur undangan dan jalur tertulis, jumlahnya tidak jauh berbeda. Namun mengingat pada tahun ini SNMPTN hanya berupa jalur undangan saja, maka dibandingkan angka jalur undangan pada tahun lalu jumlahnya memang meningkat.

Seperti diketahui, peminat UGM dari jalur undangan pada tahun lalu tercatat sebanyak 32.328 orang. Sementara yang mengikuti SNMPTN melalui ujian tulis sedikit lebih banyak daripada jalur undangan yaitu sebanyak 36.490 orang.

Dari banyak peminat yang mendaftar tahun ini, jurusan yang berhasil menangguk peminat terbanyak adalah jurusan farmasi, pendidikan dokter, gizi dan kesehatan serta teknologi informasi untuk kelompok eksakta. Sementara untuk kelompok non-eksakta, jurusan yang tinggi peminat adalah akuntansi, manajemen, hukum dan komunikasi.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com