Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Undip Pamerkan Fotografi di Bawah Laut Karimunjawa

Kompas.com - 18/03/2013, 03:08 WIB

JEPARA, KOMPAS.com - Sejumlah mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro Semarang, yang tergabung dalam Marine Diving Club menggelar pameran fotografi di bawah laut dengan tema konservasi di Dermaga Perintis Pulau Karimunjawa, Kabupaten Jepara.

"Ada 30 foto tentang kehidupan di bawah laut yang kami tempelkan di 10 tiang beton penyangga Dermaga Perintis Karimunjawa ini dengan kedalaman antara 2--13 meter di bawah permukaan air laut," kata Teo Andri Saputra, ketua panitia pameran fotografi di Jepara, Minggu (17/3/2013).

Puluhan foto yang dicetak pada material "MMT indoor" berukuran 30 x 40 sentimeter tersebut menceritakan tentang perusakan lingkungan di laut, seperti pemutihan karang akibat pemanasan global di Kepulauan Karimunjawa dan perburuan sirip ikan hiu di Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur.

Teo mengatakan bahwa pameran fotografi kehidupan di bawah laut yang didukung Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah ini bertujuan mengajak masyarakat untuk peduli pentingnya konservasi lingkungan di laut.

"Melalui fotografi yang saat ini digemari oleh sebagian masyarakat, kami ingin memperlihatkan bahaya dan dampak dari perusakan lingkungan di laut," ujarnya.

Ia mengaku bahwa pihaknya sempat mengalami kesulitan terkait dengan material alat untuk mencetak foto yang dikumpulkan dari berbagai lomba foto konservasi di tingkat nasional yang diikuti peserta dari Universitas Padjajaran Bandung, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Universitas Riau.

"Kami juga sempat kesulitan mencari tempat yang akan ditempeli foto-foto yang akan dipamerkan hingga Kamis (21/3/2013). Namun, akhirnya dapat diatasi," katanya.

Kepala Balai Pelayanan Informasi dan Pengembangan Usaha Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Puji Joharnoto mendukung kegiatan para mahasiswa Undip Semarang, terutama mengenai pentingnya konservasi lingkungan laut.

"Pameran foto bawah laut tentang konservasi lingkungan ini juga merupakan upaya mengenalkan pariwisata Karimunjawa kepada masyarakat luas serta mendukung program Visit Jateng 2013," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com