Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI: 250 Guru Besar Pun Masih Kurang

Kompas.com - 20/03/2013, 12:24 WIB
Caroline Damanik

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Setelah melantik dua guru besar baru hari ini, Rabu (20/3/2013), Ketua Dewan Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Biran Affandi mengatakan, hingga saat ini, UI sudah memiliki 250 guru besar. Biran mengatakan bahwa UI memang tergolong kampus dengan guru besar yang terbanyak. Namun, lanjutnya, jumlah ini masih kurang jika dibandingkan dengan jumlah mahasiswa UI yang ada.

"Masih kurang karena kita memiliki 13 fakultas, sementara mahasiswa kita sekitar 50.000," tuturnya usai pelantikan dua guru besar FT UI di Balai Sidang UI.

Selain itu, Biran mengatakan, jumlah guru besar yang dimiliki UI masih kurang ideal jika melihat cita-cita UI untuk menjadi research university atau universitas riset. Pasalnya, sebuah universitas riset ditandai dengan riset yang terus berkembang yang didorong oleh para guru besarnya.

"Apa artinya research university? berarti bahwa yang diajarkan itu bukan hasil semata dari baca buku, tetapi dari hasil pengalaman dan hasil penelitian sehingga dengan demikian ilmu berkembang. Kalau cuma mereproduksi diktat 10 tahun lalu ya enggak ada gunanya," tandas Biran.

Hari ini, UI melantik Danardono Agus Sumarsono dan Isti Surjandari Prawiradinata dari FT UI menjadi guru besar tetap. Danardono dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap dalam bidang teknik otomotif dan desain rancang bangun mekanikal, sementara Isti sebagai Guru Besar Tetap dalam bidang rekayasa kualitas

Dalam acara pelantikan ini, Isti membacakan pidato bertajuk "Peran Rekayasa Kualitas dalam Meningkatkan Daya Saing Industri di Era Globalisasi". Menurut pengajar di Departemen Teknik Industri FT UI ini, rekayasa kualitas dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas produk yang lebih berdaya saing di pasar.

Sementara itu, Danardono membacakan pidato berjudul "Menuju Kemandirian Industri Alat Transportasi Darat Nasional Masa Depan Berbasis Penguasaan Teknologi Rancang Bangun dan Manufaktur". Pengajar Departemen Teknik Mesin FT UI ini berpendapat bahwa kendaraan listrik merupakan solusi masa depan untuk mendukung pelestarian lingkungan dan ketahanan nasional di bidang energi.

Dari 250 guru besar yang dimiliki UI, Fakultas Teknik UI memiliki jumlah guru besar terbanyak dengan 42 profesor, diikuti oleh Fakultas Kedokteran dengan 35 profesor.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com