Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bidik Misi untuk Siswa SMA Unggulan CT Foundation di 16 PTN

Kompas.com - 20/03/2013, 12:28 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 16 universitas negeri di Indonesia menandatangani nota kesepahaman dengan SMA Unggulan milik CT Foundation untuk bersedia menerima lulusan dari sekolah ini lewat program bidik misi. Nota kesepahaman ini sendiri akan berlaku selama lima tahun sejak ditangani yaitu pada tahun 2013-2018.

Ketua Umum CT Foundation, Chairul Tanjung, mengatakan langkah ini dilakukan agar lulusan dari SMA Unggulan yang didirikannya ini dapat berkesempatan melanjutkan pendidikan tinggi tanpa harus mengeluarkan biaya. Pasalnya, anak-anak yang kini belajar di sekolah tersebut merupakan siswa dari keluarga miskin dan sebagian juga merupakan anak korban bencana Tsunami Aceh.

"Yang saat ini sekolah di tempat kami benar-benar siswa yang tidak mampu tapi cerdas. Penyeleksiannya juga ketat karena benar diverifikasi apakah anak tersebut benar tidak mampu," kata Chairul saat penandatanganan nota kesepahaman di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, Selasa (19/3/2013).

Dengan perjanjian ini, pihaknya juga akan membantu Kemdikbud untuk memenuhi target mahasiswa program bidik misi yang tahun ini diperkirakan mencapai 50.000 mahasiswa. Pada tahun ini, sekolah yang dibangunnya di Medan  akan meluluskan sekitar 100 siswa untuk lanjut ke pendidikan tinggi.

"Cari yang benar miskin tapi cerdas itu tidak mudah. Kami akan dukung pemerintah untuk memenuhi target 50.000 mahasiswa bidik misi tersebut," jelas Chairul.

"Saat ini masih di Medan. Kami berencana membuka lagi di provinsi lain sehingga genap di 33 provinsi. Nantinya di tiap provinsi itu diarahkan untuk meneruskan pendidikan di universitas provinsi asal sehingga bisa merata," imbuhnya.

Adapun universitas yang ikut bekerja sama dengan SMA Unggulan CT Foundation ini antara lain adalah Universitas Sumatera Utara, Universitas Andalas, Universitas Indonesia, Universitas Sriwijaya, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Padjajaran, Universitas Pendidikan Indonesia, Universiras Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Airlanggan, Universitas Negeri Malang, Unversitas Diponegoro, Poltek Negeri Elektronika Surabaya dan Poltek Negeri Manufaktur Bandung.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com