Jumat, 18 April 2014

News / Edukasi

Unsyiah Siap Menampung Mahasiswa Tidak Mampu

Rabu, 20 Maret 2013 | 23:42 WIB

Baca juga

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Pihak Rektorat Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh, berkomitmen untuk menampung mahasiswa dari keluarga kurang mampu agar bisa melanjutkan studi di perguruan tinggi negeri tersebut.

"Kami terus berupaya agar setiap tahunnya mampu menampung sekitar 20 persen dari total penerimaan mahasiswa dari keluarga kurang mampu," kata Pembantu Rektor III Unsyiah, Dr Rusli Yusuf di Banda Aceh, Rabu (20/3/2013).

Disebutkannya, dari total mahasiswa Unsyiah sekitar 20 ribu orang ada sekitar 6.000 mahasiswa melanjutkan studi di perguruan tinggi dengan program beasiswa. "Program beasiswa pendidikan yang diterima oleh enam ribuan mahasiswa itu bersumber dari berbagai pihak," katanya.

Ia mengatakan, Unsyiah juga terus berupaya agar jumlah kuota beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Pusat khususnya seperti Bidikmisi dapat terjadi peningkatan setiap tahunnya.

"Kami berharap jumlah penerima dapat terus meningkat, sehingga makin banyak anak Aceh yang mampu dari segi akademik dan tidak mampu dari ekonomi dapat melanjutkan studinya di perguruan tinggi," katanya.

Unsyiah pada tahun 2013 mengusulkan jumlah penerima Bidikmisi sebanyak 900 orang atau meningkat dari jumlah yang diterima tahun sebelumnya sebanyak 750 orang.

"Pengajuan penambahan ini juga tidak terlepas untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi, tetapi mampu secara akademik untuk bisa kuliah," katanya.

Pihaknya meyakini adanya berbagai program beasiswa yang diberikan kepada anak-anak Aceh akan menjadi salah satu upaya mencetak sumber daya manusia tepat guna dan siap berkontribusi membangun daerah di masa mendatang.


Editor : Benny N Joewono
Sumber: