Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unej Jalin Kerja Sama Dengan Universitas Korsel

Kompas.com - 21/03/2013, 01:03 WIB

JEMBER, KOMPAS.com — Fakultas Pertanian Universitas Jember (Unej), Jawa Timur, menjalin kerja sama dengan salah satu universitas di Korea Selatan, yakni Hankyong National University.

Kepala Humas dan Protokol Unej Rokhani, Rabu, mengatakan, jalinan kerja sama itu diawali dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU), yang dilaksanakan di kampus Hankyong National University di kota Anseong, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan, beberapa hari lalu.

"Penandatanganan MoU dilaksanakan oleh Dekan Fakultas Pertanian Unej Dr Jani Januar, MT dengan Dr Han Cheol Hwang yang merupakan Dekan College of Agriculture and Life Science Hankyong National University," ujar Rokhani, Rabu (20/3/2013).

Selain Hankyong National University, lanjut dia, Fakultas Pertanian Unej juga menjalin kerja sama dengan College of Ecology and Environmental, Kyungpook National University (KNU) Korsel, dan Universiti Putra Malaysia (UPM) pada tahun 2012.

Dekan Fakultas Pertanian Unej Jani Januar mengatakan, kerja sama dengan perguruan tinggi di Korea Selatan sangat penting karena penguasaan teknologi terutama bidang pertanian di sana sudah maju sekali.

"Tidak hanya kerja sama di bidang pertanian, Hankyong National University juga menawarkan joint research dalam berbagai disiplin ilmu, misalnya di bidang sistem informasi, komputer, dan ekonomi," katanya.

Ia menjelaskan, rencananya delegasi Hankyong National University akan melakukan kunjungan balasan ke Unej, dan saat ini ada satu alumni dari Hankyong National University bernama Lee Kyung Joo yang sedang menyelesaikan studi S-2 di Program Studi Agronomi.

"Kerja sama dengan Kyungpook National University sudah masuk dalam tahapan implementasi dan kami telah mengirimkan Fika Ayu Safitri, mahasiswi semester delapan Program Beasiswa Unggulan dari Program Studi Agroteknologi untuk menempuh kuliah selama tiga bulan di kampus Kyungpook National University," paparnya.

Fakultas Pertanian Unej juga menjalin kolaborasi dalam penelitian terkait dengan bidang keilmuan Bioteknologi Pertanian yang direncanakan berlangsung pada Juni 2013.

Di samping itu, pihaknya akan mengirim pakar hama dan penyakit tumbuhan Dr Hari Purnomo untuk mengikuti Program "Scheme for Academic Mobility and Exchange" (SAME) selama sebulan di Kyungpook National University.

"Program lain yang sedang kami garap dengan kawan-kawan di Kyungpook National University adalah kerja sama dalam publikasi ilmiah internasional," ucap mantan Pembantu Rektor II Unej itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com