Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Beasiswa Ditawarkan Dalam Toenas 2013

Kompas.com - 24/03/2013, 21:57 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Puluhan beasiswa dari berbagai lembaga, baik negeri maupun swasta, ditawarkan dalam kegiatan Talk Show and Expo National Schoolarship (Toenas) 2013 di Semarang.

"Toenas merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar untuk mengajak mahasiswa memanfaatkan peluang beasiswa," kata koordinator kegiatan Toenas 2013 Semarang, M Ubedi di Semarang, Minggu (24/3/2013).

Pada tahun ini, kegiatan Toenas yang diselenggakan mahasiswa penerima beasiswa Etos, program beasiswa jejaring Dompet Dhuafa itu sudah memasuki tahun ketiga dan digelar secara serentak di 11 kota.

Ubedi menyebutkan 11 kota itu, antara lain, Bandung, Jakarta, Bogor, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan Semarang. Untuk wilayah Semarang, Toenas menjaring calon penerima dari wilayah Jawa Tengah.

Menurut Ubedi, pihaknya ingin mendorong dan memotivasi para siswa SMA untuk meneruskan kuliah meski berasal dari keluarga yang sulit secara ekonomi, yakni dengan memanfaatkan peluang beasiswa.

"Jangan sampai aspek finansial menjadi kendala kemauan dan semangat mereka (siswa, red.) melanjutkan pendidikan. Yang penting, kita harus memiliki semangat pantang menyerah demi pendidikan," katanya.

Banyak beasiswa ditawarkan, kata dia, satu program beasiswa Etos, sementara puluhan beasiswa lainnya dari berbagai lembaga, seperti PT Semen Gresik, PT Astra, Bank Indonesia, dan Kementerian BUMN.

"Untuk beasiswa selain Etos, kami bekerja sama dengan Departemen Kesejahteraan Keluarga Mahasiswa (KM) Undip dalam mempromosikannya. Mereka bisa mencoba peluang beasiswa yang ditawarkan," kata Ubedi.

Sementara itu, penerima beasiswa Etos 2010, Setyowati mengakui banyak manfaat yang didapatkan, mulai penggantian biaya masuk PTN, bantuan biaya SPP selama semester I dan II, dan uang saku Rp 500 ribu/bulan.

"Terus terang, saya sangat bersyukur sekali mendapatkan beasiswa Etos. Bukan hanya bantuan biaya pendidikan yang didapat, melainkan hingga pengembangan aspek kepemimpinan, sosial, dan religius," katanya.

Para penerima beasiswa Etos, kata Seksi Humas Toenas 2013 Semarang itu, wajib tinggal di asrama selama empat tahun untuk mendapatkan pelatihan, pembinaan, dan pendampingan dari para "trainer" Etos.

Mahasiswa Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip itu menjelaskan, beasiswa Etos ditawarkan untuk 15 PTN, antara lain, Undip, UGM, Universitas Airlangga Surabaya dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

"Kami ingin menjaring sebanyak-banyak siswa untuk mendaftar beasiswa Etos. Namun, mereka bisa juga ikut seleksi beasiswa lainnya yang ditawarkan pada kesempatan ini. Yang penting, semangat kuliah," kata Setyowati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com