Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petisi Tolak Kurikulum 2013 Disampaikan ke DPR

Kompas.com - 25/03/2013, 15:28 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Koalisi Tolak Kurikulum 2013 bersama Indonesia Corruption Watch (ICW) mendatangi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) untuk menyerahkan petisi menolak penerapan kurikulum baru. Koalisi juga melakukan audiensi terkait kurikulum baru yang akan diterapkan pada pertengahan Juli mendatang.

Peneliti ICW, Siti Juliantari Rachman, mengatakan bahwa audiensi kali ini dilakukan masih terkait dengan rencana pelaksanaan kurikulum dan pengawasan anggaran kurikulum yang cukup besar yaitu Rp 2,49 triliun. Dalam kesempatan ini, pihaknya juga menyerahkan petisi penolakan kurikulum dari masyarakat.

"Yang kami sampaikan terkait masalah substansi isi dan anggaran. Kami juga serahkan petisi penolakan kurikulum," kata Tari saat dijumpai di Ruang Rapat Komisi X DPR RI, Jakarta, Senin (25/3/2013).

Petisi yang ditandatangani oleh 1.547 orang ini merupakan salah satu bentuk gerakan rakyat yang menolak adanya perubahan kurikulum tanpa disertai substansi isi yang cocok. Tidak hanya itu, waktu yang sangat terburu-buru untuk penerapannya juga membuat masyarakat khawatir apakah kurikulum ini akan berhasil.

"Petisi ini sebagai bentuk penolakan rakyat. Kami serahkan pada DPR karena mereka adalah penyampai aspirasi rakyat," jelas Tari.

Sebelumnya diketahui, Koalisi Tolak Kurikulum 2013 dan Indonesia Corruption Watch (ICW) telah menyerahkan petisi serupa pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selanjutnya beberapa hari lalu, mereka juga bertandang ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk meminta pengawasan terhadap anggaran kurikulum.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com