Sabtu, 22 November 2014

News / Edukasi

Perbanyak Latihan untuk UN dengan Soal "Online"

Rabu, 27 Maret 2013 | 15:22 WIB

Terkait

JAKARTA, KOMPAS.com — Ujian Nasional (UN) 2013 akan segera digelar pada April untuk jenjang pendidikan menengah dan pada bulan Mei untuk jenjang pendidikan dasar. Untuk menambah latihan dalam persiapan UN, para calon peserta dapat memanfaatkan berbagai portal yang menyediakan soal-soal prediksi.

Salah satunya, latihanujian.com. Portal latihan ujian yang digawangi produsen alat tulis Faber Castell ini dirancang khusus untuk menyambut UN 2013. Product Manager PT Faber Castell International Indonesia, Christian Herawan, mengatakan, tim pembuat soal menyusun latihan mengacu pada Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Para peserta UN dapat berlatih dengan soal-soal yang ada di portal ini dan dapat mengulangnya kembali," kata Christian saat Peluncuran Portal Latihan Ujian di FX Lifestyle Center, Jakarta, Selasa (26/3/2013).

Dalam portal ini, disediakan soal untuk siswa kelas VI, IX, dan XII sesuai jurusan yang diambil. Tidak hanya sekadar soal dan jawaban, portal ini juga dilengkapi dengan pembahasan soal yang menyeluruh dan pengoperasian yang mudah kemudian ada prediksi nilai juga yang dapat dijadikan acuan siswa.

"Jadi, nanti ada analisisnya mana jenis materi soal yang perlu ditingkatkan. Misal lemah di bagian himpunan, maka siswa dapat memperdalam di soal materi itu," jelas Christian.

Tidak hanya untuk siswa, portal ini juga dapat digunakan oleh guru dan juga orangtua murid yang ingin agar putra-putrinya sukses saat UN. Dengan adanya analisis dalam portal ini, guru dan orangtua dapat memantau bagian materi yang kurang dikuasai oleh siswa.

"Belajar saja dan menghafal tidak cukup. Harus sering latihan dan dengan analisis ini, anak-anak lebih efektif belajar pada materi yang mereka kesulitan jadi tidak terlalu stress," ungkap Christian.

Nah, untuk dapat mengakses portal ini bisa membuka www.latihanujian.com dan melakukan login dengan memasukkan username dan password yang dimiliki. Setelah itu, siswa dapat mulai berlatih soal-soal yang disediakan untuk mengukur kemampuan jelang UN 2013.

 


Penulis: Riana Afifah
Editor : Caroline Damanik