Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendikbud: Bukan Waktunya Lagi Mendebat Kurikulum 2013

Kompas.com - 28/03/2013, 21:57 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, mengatakan bahwa pihaknya tetap membuka ruang bagi pihak yang berbeda pendapat dan ingin memberikan masukan terhadap kurikulum ini. Namun, dia menegaskan bahwa bukan waktunya lagi mengkritisi Kurikulum 2013 tanpa solusi perbaikan.

"Bukan waktunya lagi memperdebatkan kurikulum 2013 halal atau haram dan benar atau salah," kata Nuh saat Pemantapan Sosialisasi Kurikulum 2013 di Balai Sudirman, Jakarta, Kamis (28/3/2013).

Ia juga menambahkan bahwa kurikulum ini adalah masalah akademik sehingga tidak ada sangkut paut dengan masalah politik yang sedang terjadi di Indonesia saat ini termasuk isu jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014).

"Kurikulum ini soal akademik bukan politik. Jadi bawa ke ranah akademik dan gunakan kajian akademik," jelas Nuh.

"Kami terbuka saja dan kami menerima orang yg mengkritik dan punya solusi. Kami sangat welcome dan kami terima dengan baik. Tapi jangan kritik ini salah itu salah dan nggak ada solusi dan semuanya yang kami buat selalu salah," imbuhnya.

Mengenai permintaan Aliansi Revolusi Pendidikan yang merupakan gabungan dari Indonesia Corruption Watch (ICW) dan berbagai serikat guru agar Kemdikbud melakukan uji publik ulang serta adanya debat publik terbuka. Nuh menilai langkah tersebut malah seakan mundur dari perkembangan yang berjalan saat ini.

"Kok malah mundur ya rasanya. Ini kan udah sejauh ini. Tapi ya monggo saja. Yang pasti kami terbuka kalau memang ada kritik dan solusinya," tandasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com