Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebocoran, Mendikbud Janji Kawal Ketat Soal UN

Kompas.com - 29/03/2013, 19:41 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh menjanjikan pengawalan ketat atas soal ujian nasional (UN), agar tidak ada kebocoran. Pengawalan itu dilakukan, mulai sejak proses pembuatan dan penggandaan di percetakan, sampai pendistribusian di daerah-daerah.

Nuh mengatakan, soal UN untuk SMA/SMK/MA sudah diselesaikan. Beberapa hari sebelum pelaksanaan UN, soal tersebut akan didistribusikan ke provinsi dan kemudian diteruskan ke kabupaten/kota. "Soal UN tinggal didistribusikan saja," kata M. Nuh, di Kendal Jawa Tengah, Jumat (29/3/2013).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal, menjelaskan banyak 43.573 siswa dari berbagai jenjang pendidikan di Kabupaten Kendal, sudah siap mengikuti UN yang akan dimulai pada 15 April sampai 6 Mei 2013.

Dari jumlah peserta UN sebanyak 43.573 itu, peserta pada pendidikan dasar SD/ MI, sebanyak 16.347 siswa, peserta UN tingkat SLTP (SMP/Mts) sebanyak 14.453 siswa, sedangkan peserta UN pendidikan SLTA yaitu SMA/MA dan SMK masing-masing 5.239 dan 5429 siswa.

Sementara peserta UN dari jenjang pendidikan kesetaraan yaitu Paket A sebanyak 93 siswa, paket B, 712 siswa, paket B Wustho 426 siswa santri dan paket C, 874 siswa. "Untuk mempersiapkan UN supaya berjalan dengan baik dan sukses, kami telah dan akan melakukan kegiatan pemantapan, yaitu bedah standar kelulusan, kegiatan try out/ uji coba masing tingkatan tiga kali dan lomba cerdas cermat (LCC) khusus UN SD," kata Muryono. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com