Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disdik DKI Pantau Berjalannya "Try Out" Ujian Nasional

Kompas.com - 04/04/2013, 10:04 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mematok target maksimal dalam kelulusan siswa pada Ujian Nasional (UN) 2013. Sebagai upayanya, Dinas Pendidikan DKI Jakarta terus mengawal proses persiapan, mulai dari uji coba (try out) UN sampai persiapan secara psikologis.

Kamis (4/4/2013) pagi, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi Mulyanto meninjau proses try out UN di SMA Negeri 4 Jakarta Pusat. Taufik hadir bersama Staf Divisi Kesekretariatan Bank DKI Zulfarshah dan didampingi Kepala SMA Negeri 4 Surana.

Setibanya di lokasi, Taufik langsung meninjau try out UN dari luar kelas. Sesekali dia tampak melongok dari jendela atau mengintip dari celah pintu untuk memastikan kelancaran jalannya try out. Ia mengaku enggan masuk ke dalam kelas karena khawatir akan mengganggu konsentrasi siswa yang sedang mengerjakan soal-soal Bahasa Inggris.

Taufik mengatakan, dengan mengikuti try out, pihaknya ingin membantu siswa mengolah rasa cemas menjadi energi positif. Meski tak sesumbar dengan target kelulusan 100 persen, dia optimistis semua siswa akan bekerja keras untuk lulus UN dengan nilai memuaskan.

"Kami sih enggak matok lulus 100 persen, tapi saya yakin semua siswa pasti ingin lulus. Maka itu, kami persiapkan mereka melalui uji coba seperti ini," kata Taufik seusai meninjau berjalannya try out di SMA Negeri 4 Jakarta Pusat.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta siap menggelar UN bagi siswa SMA/MA dan SMK. Di seluruh wilayah DKI, ada 127.000 siswa peserta UN yang berasal dari 1.079 sekolah di lima wilayah Ibu Kota, yaitu 499 SMA dan 580 SMK. Pada tahun lalu, tingkat kelulusan untuk SMA/MA mencapai 99,65 persen atau sebanyak 54.276 siswa dinyatakan lulus dari jumlah peserta sebanyak 54.466 siswa.

Sementara tingkat kelulusan SMK mencapai 99,92 persen atau sebanyak 64.936 siswa dinyatakan lulus dari jumlah peserta sebanyak 64.986 siswa. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara resmi telah merilis jadwal UN 2013 melalui laman resmi Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud. Berdasarkan Prosedur Operasi Standar (POS), UN untuk tingkat SMA/MA akan diselenggarakan pada tanggal 15-18 April. Untuk tingkat SMK dan SMALB, UN akan digelar pada 15-17 April.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com