Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Distribusi Soal Ujian Nasional Terlambat

Kompas.com - 13/04/2013, 03:51 WIB

Jakarta, Kompas - Meskipun sejumlah kabupaten/kota belum menerima naskah soal dan lembar jawaban, ujian nasional untuk SMA/SMK dan MA akan tetap berlangsung mulai 15 April ini. Distribusi soal akan dipercepat sehingga Minggu (14/4) bisa sampai di sekitar lokasi ujian.

Sejumlah daerah seperti 12 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan hingga Jumat (12/4) belum menerima paket soal ujian nasional. Padahal, seharusnya Rabu (10/4) sudah menerima soal di provinsi lalu didistribusikan ke kabupaten-kabupaten.

”Kami tidak tahu kapan naskah soal akan tiba di Kalsel,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kalsel Amka, Jumat siang.

Padahal, distribusi soal di Kalimantan Selatan tidak mudah karena beberapa daerah, seperti di Kotabaru, harus mendistribusikan soal menggunakan perahu ke pulau-pulau yang terisolasi.

”Sejumlah kabupaten lainnya juga terendam banjir sehingga menyulitkan distribusi soal,” kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel Ngadimun. Daerah yang terendam banjir itu antara lain Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Balangan, Tabalong, Hulu Sungai Utara, dan Tapin.

Amka mengatakan, pihaknya memperoleh informasi, kelambatan pengiriman paket soal ini karena ada masalah di percetakan di Bogor, Jawa Barat. ”Ada 11 provinsi lain yang mengalami nasib sama dengan Kalsel,” kata Amka.

Bali belum menerima soal

Di Provinsi Bali, hingga Jumat siang, paket soal ujian nasional SMA/SMK/MA juga belum diterima.

”Padahal jadwalnya, Kamis (11/4), paket soal sudah diterima,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Bali AA Ngurah Gde Sujaya. Ia mengatakan, naskah soal untuk Provinsi Bali dicetak di Bogor, Jawa Barat.

I Wayan Putra, Kepala Bidang Pengkajian dan Pengembangan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Bali, mengatakan, pihaknya dijanjikan paket soal akan diterima Sabtu (13/4).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com